Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Seipanas Keluhkan Sampah Tak Terangkut
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Rabu | 26-10-2011 | 10:00 WIB
sampah-sei-panas.gif Honda-Batam

Tumpukan sampah di TPS Taman Buana Sei Panas yang telah seminggu tak diangkat. (Foto: Hendra)

BATAM, batamtoday - Warga Kelurahan Sei Panas, Kecamatan Batam Kota mengeluhkan sampah di perumahan warga yang tak kunjung terangkut oleh Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemko Batam.

 

Pantauan batamtoday di beberapa perumahan di Kelurahan Sei Panas, sampah mulai menumpuk dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap baik di tong sampah di depan rumah warga atau di Tempat Penampungan Sementara (TPS) mssing-masing perumahan.

Seperti yang terlihat di TPS Perumahan Taman Buana (depan SPBU Sei Panas), sampah mulai menggunung karena sudah sekitar seminggu tidak diangkut petugas kebersihan.

"Sudah seminggu sampah tidak terangkut, bau sampah itu busuk sekali dan membuat pengunjung kami sepi karena aroma sampah yang tak terangkut," ujar Guntur, penjual es kelapa yang tak jauh dari lokasi TPS.

Senada dengan Guntur, Adi, seorang petugas sekuriti perumahan juga telah menyampaikan keluhan warga setempat kepada petugas kebersihan untuk cepat mengangkat sampah karena aroma busuk semakin kuat baunya pada saat hari panas terik. Namun hingga kini juga tidak ada respon dari petugas kebersihan untuk segera mengangkut sampah.

 

"Jangan hanya minta tagihan sampah saja yang cepat, sampah juga harus cepat diangkut juga," kata Adi kesal karena sampah yang makin menumpuk itu.

Meski setiap hari warga Batam selalu mempermasalahkan sampah yang tak kunjung terangkut, namun hingga kini tetap saja tidak ada kepedulian yang lebih dari aparat yang berwenang seperti Dinas DKP dan Wali Kota Batam.

Seakan protes warga hanya sebagai angin lalu saja bagi mereka yang tengah berkuasa. Bak kata pepatah 'anjing menggonggong kafilah tetap berlalu', dan itu yang memcerminkan Pemko Batam yang tidak peduli dengan curahan hati masyarakatnya.