Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gegara Tak Ada Signal, SMAN 1 Natuna Unduh Soal UN di Kantor Telkom
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 10-04-2017 | 12:02 WIB
bos.gif Honda-Batam

Atmadinata, Kepala bidang Pendidikan Menengah Disdik Kepri. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Natuna memang membutuhkan perjuangan yang super. Pasalnya, signal internet di Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan ini sangat minim.

 

Pihak sekolah, dalam hal ini Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Natuna, harus menyambangi kantor Telkom untuk mengunduh file soal ujian nasional.

Informasi yang diterima dari salah seorang guru di Natuna, SMA Negeri 1 Natuna mengunduh soal hingga pukul 20.00 WIB baru siap. Itu sudah dilakukan sejak siang.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Atmadinata membenarkan dan mengaku dialah yang meminta pihak sekolah untuk mengunduh file soal di kantor Telkom.

"Memang signal disana sangat susah. Yang meminta mereka download di Telkom itu saya. Sedangkan download di sana saja sampai jam 20.00 WIB, apalagi kalau download di sekolah, bisa satu hari," tutur Atma saat dihubungi, Senin (10/4/2017).

Atma mengatakan file yang harus didownload untuk UNBK tersebut sebesar 14 GB. Jika di Batam dan Kabupaten/Kota lainnya hanya 30 menit atau satu jam. Natuna mungkin bisa sekitar 4-6 jam untuk mendownload soal tersebut.

"Tapi meskipun demikian, disana UNBK sudah berjalan, meskipun internetnya sangat susah," tutur Atma.

Untuk pelaksanaan UNBK, di Natuna, dengan kondisi seperti, sekolah menengah kejuruan (SMK) ada sebanyak 4 sekolah, sedangkan untuk SMA hanya 1 sekolah saja.

Editor: Gokli