Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

161 Siswa SKB Akan Mengikuti Ujian Kesetaraan
Oleh : CR-14
Selasa | 04-04-2017 | 14:38 WIB
Kepsek-SKB1.gif Honda-Batam

Suriyadi, Kapala Sekolah SKB. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sekolah Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Batam akan mengikuti Ujian Nasional (UN) kesetaraan paket A, paket B dan paket C yang akan dilaksanakan pada pertengahan April ini.

 

Untuk total siswa yang akan ikut dalam UN pada SKB ada 161 peserta dengan perincian 35 murid untuk paket A (tingkat SD), 81 siswa paket B (tingkat SMP) dan 45 siswa paket C (tingkat SMA).

"161 orang tersebut merupakan gabungan dari tiga kelas SKB yang ada di kota Batam, yakni SKB di Sagulung, SKB Lembaga Permasyarakatan (Lapas) kelas II A Batam dan SKB kelas jauh di pulau Subang Mas, Galang," ujar Suriyadi, Kapala Sekolah SKB, Selasa (4/4/2017).

Dijelaskannya, untuk kelas jauh Pulau Subang Mas Kecematan Galang, lanjut Suriadi, totalnya ada 37 siswa yang terdiri dari paket A sebanyak 26 orang dan paket B sebanyak 11 orang. Sementara untuk SKB Pusat Sagulung total ada 99 orang dengan perincian paket A sebanyak 9 orang, paket B 57 orang dan paket C sebanyak 33 orang.

Para peserta ujian, telah melalui tahap pembelajaran sesuai kurikulum lembaga pendidikan nonformal sebagaimana diatur dalam surat keputusan (SK) wali kota nomor 18 tahun 2016. Untuk soal UN paket A akan dikelurakan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri sementara paket B dan paket C dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

"Sama dengan sekolah umum lainnya. Mereka juga melakakan try out sesuai dengan ketentuan yang ada," ujarnya lagi.

Suryadi juga mengatakan, dengan adanya ujian kesetaraan tersebut bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan ijazah, yang berlaku sebagaimana mestinya.

"Jadi ijazah paket ini sama dengan ijazah yang didapatkan oleh anak-anak yang sekolah secara formal, kemanapun berlaku, dan ijazah ini dikelaurkan oleh Dinas Pendidikan," kata Suryadi.

Editor: Yudha