Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kanwil Kemenkumham Kepri Gelar Donor Darah di Rutan Baloi
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Senin | 24-10-2011 | 13:24 WIB
donor_darah.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Memperingati bulan bakti Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenhumham) tahun 2011, Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Kepulauan Riau menggelar acara donor darah yang dilaksanakan di Rutan Baloi, Senin (24/10/2011).

Donor darah yang diikuti lebih dari seratus pegawai di lingkungan Kemenhumham, antara lain Lapas Barelang, Rutan Baloi dan Imigrasi Klas II Batam. Selain donor darah juga dilakukan serangkain acara lain seperti penyerahan bantuan ke panti asuhan dan jalan santai.

"Acara ini dalam rangka memperingati bulan bakti Kemenhumham yang dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 31 Oktober 2011 mendatang," ujar Yusuf Hadi, Kakanwil Kemenhumham Kepri, kepada wartawan di Rutan Baloi.

Donor darah ini hanya diikuti pegawai saja dan tidak melibatkan warga binaan. Sebab jika ingin melibatkan warga binaan membutuhkan prosedur kesehatan dan selain itu stigma masyarakat kepada warga binaan sangat kurang baik.

"Memang kita tidak melibatkan warga binaan, sebab stigma masyarakat kepada mereka sangat kurang baik. Kita takut ada efek yang kurang bagus nantinya," terang Yusuf.

Rangkaian acara sendiri dilaksanakan di tiga kota di Kepri, yakni Batam, Tanjungpinang dan Tanjung Balai Karimun.

Ketika disinggung wartawan mengapa memilih donor darah, Yusuf menerangkan hal itu dilakukan mengingat darah sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan dan sangat jarang ada orang yang mau mendonorkan darahnya.

"Tingkat kecelakaan yang tinggi dan kebutuhan darah di dunia kesehatan yang membuat kami melaksanakan acara ini. Sekaligus membangun semangat kebersamaan dan kemanusian," pungkasnya.