Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beberapa Tips Agar Anak Anda Tak Jenuh Belajar
Oleh : Redaksi
Sabtu | 25-03-2017 | 12:14 WIB
anak-membaca1.gif Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Setiap orang tua pasti ingin anaknya rajin belajar, tapi kalau dipaksakan malah membuat anak tertekan dan merasa jenuh. Berikut empat tips sederhana untuk membuat belajar yang menyenangkan.

1. Siapkan ruang kreatif yang menyenangkan
Kamu pasti sepakat, kalau ruangan kerja tampak membosankan, sulit kita mencapai kemajuan. Begitu juga dengan ruang belajar anak. Mengatur ruang belajar anak sekreatif mungkin akan membuat mood belajar anak meningkat. Hindari ruang belajar dekat dengan hal-hal yang mungkin mengganggunya, misalnya ruang menonton televisi atau teknologi.

Sangat penting bagi anak untuk menyukai ruangan yang nyaman. Seperti dengan menambahkan beberapa warna, citra inspiratif, dan banyak peralatan akademis, seperti kertas dan alat tulis.

2. Memberi penghargaan untuk kemajuan anak
Memberi penghargaan ketika sang anak melakukan hal positif mungkin bisa bekerja dengan baik supaya anak bisa lebih termotivasi. Dengan membuat grafik yang terbuat dari kertas- kertas unik, setiap tugas yang selesai tepat waktu, anak akan memperoleh bintang yang ditempelkan di grafik kamar anak. Ketika grafik penuh, anak akan mendapat hadiah seperti menonton film yang ia suka, mendapatkan es krim, membeli baju baru, atau mendapatkan permainan baru. Namun sebaiknya kamu juga harus memastikan bahwa anak mengetahui mengapa ia mendapatkan penghargan atas apa yang sudah ia kerjakan. Supaya anak mengetahui apa yang sebenarnya menjadi motivasi orangtua dalam memberikan suatu penghargaan.

3. Bermain game pendidikan
Strategi ini dapat bekerja dengan beberapa cara yang berbeda. Kamu dapat mengubah pekerjaan rumah yang sebenarnya menjadi sebuah permainan. Misalnya, jika anak sedang belajar tentang kosakata, kamu bisa membuat flashcard atau pencocokan kata-kata lewat permainan. Jika anak sedang belajar matematika, kamu dapat menggunakan potongan-potongan kecil permen untuk membentuknya seperti angka.

4. Mengajak adik belajar bersama
Kalau kamu seorang kakak yang ingin membantu adikmu, ada baiknya juga untuk meluangkan waktu bersama adik. Hal tersebut bisa memotivasi adik untuk berpikir bahwa bukan hanya dia saja yang sedang merasakan kejenuhan untuk belajar. Meluangkan waktu untuk dia dengan menjawab setiap pertanyaannya adalah salah satu cara yang ampuh untuk membuat ia tidak merasa sendiri.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha