Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Pelayanan, Dinkes Anambas Fungsikan Puskesmas Batu Tambun
Oleh : Alfreddy Silalahi
Kamis | 16-03-2017 | 13:38 WIB
Kadinkes-Anambas1.gif Honda-Batam

Kepala Dinkes PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Untuk meningkatkan pelayanan, Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana fungsikan Gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di Batu Tambun, Rintis, Kecamatan Siantan.

"Puskesmas Batu Tambun sudah sebulan beroperasi, dokternya ada dua dan perawatnya juga ada dua. Ini juga sangat bermanfaat karena warga Gudang Tengah, Air Bini, Rintis dan Temburun tidak perlu lagi turun ke Tarempa," ujar Kepala Dinkes PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto.

Herianto mengakui, sejak beroperasinya Puskesmas Batu Tambun, Puskesmas yang berada di Tarempa mengalami kekurangan pasien. Menurutnya, kinerja tenaga kesehatan akan lebih terfokus pada pasien.

"Tentu pelayanannya akan terfokus dan pelayanannya lebih cepat. Selama ini di Puskesmas padat pasien, tetapi kinerjanya kurang optimal. Kalau kondisi sekarang ini lebih memuaskan," terang Heri.

Dia mengakui, meski mengalami keterbatasan alat kesehatan, tetapi sudah sangat membantu kebutuhan masyarakat. Dia menerangkan, pihaknya sedang berbenah, untuk memperbaiki alat kesehatan dan memenuhi kebutuhan obat.

"Memang belum maksimal, kita paham lah. Tetapi bulan depan alat kesehatan akan tiba di Tarempa. Mulai dari sini kami akan berbenah, kita pusatkan dulu di Tarempa, pelan-pelan akan melengkapi alat kesehatan yang berada di pulau-pulau, seperti Pustu, Rumah Sakit Lapangan dan Rumah Sakit Bergerak, dan melengkapi Sumber Daya Manusia (SDM)," jelas Heri.‎

Editor: Yudha