Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangun Karakter dan Prestasi Anak, Disdik Lingga Gelar Bimtek
Oleh : Bayu Yiyandi
Rabu | 15-03-2017 | 18:02 WIB
Bimtek-pendidkan.gif Honda-Batam

Kepala Disdik Lingga, Kasiman, saat memberikan arahan kepada Peserta Bimtek (Foto: Bayu Yiyandi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga bersama tim dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar bimbingan teknis (Bimtek), Rabu (15/03/2017) siang di Aula Penginapan Anugerah, Daik Lingga.

Bimtek yang bertemakan “Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga bagi Kepala Satuan Pendidikan Formal Dan Non Formal Pengawas, Penilik, di Kabupaten Lingga" itu, dihadiri 50 peserta yang berasal dari 42 satuan dan 8 unsur pendidikan di Kabupaten Lingga.

Kepala Disdik Kabupaten Lingga, Kasiman, menyampaikan bahwa tujuan digelarnya Bimtek tesebut adalah untuk memperkuat kemitraan antara keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat (tripusat pendidikan) dalam membangun ekosistem pendidikan yang mampu menumbuh kembangkan karakter dan budaya prestasi peserta didik, khususnya di Lingga.

“Tanggung jawab pendidikan adalah tanggung jawab semua elemen yang ada, dan ini merupakan program urusan wajib dalam pemerintahan,” ujarnya.

Selain itu, Kasiman juga mengatakan, pendidikan sejatinya berawal dari rumah. Di mana anak bertumbuh kembang, mendapatkan kasih sayang yang tulus dari orangtua dan keluarga serta membentuk kepribadian berdasarkan sifat-sifat yang tumbuh dalam keluarga.

“Oleh karena itu, diharapkan kemitraan antara orangtua, masyarakat, sekolah, guru, Kepala Sekolah, dan satuan pendidikan dapat bersinerji dalam membangun bimbingan pendidikan di Kabupaten Lingga ini,” jelasnya.

Sehingga, dalam program ini menurut pria yang pernah menjabat Asisten Bupati Lingga itu, mengharapkan orangtua siswa lebih aktif dalam mendampingi anaknya. Karena keterlibatan mereka sangat berpengaruh positif pada prestasi seorang anak.

Dia juga menekankan, kepada setiap tenaga pendidik agar bisa menjadi orangtua dalam mendidik anak di sekolah. Saat ini diakuinya hal tersebut sangat langka dijumpai, apalagi di Lingga.

"Langka mencari guru yang menjadi orgtua di sekolah. Untuk itu saya tekankan jadilah guru sebagai orangtua di sekolah," kata Kasiman.

Di samping itu, dirinya juga mengharapkan kepada masyarakat bisa menjadi pengawas di lingkungannya masing-masing. Karena dengan tumbuh dan berkembangnya seorang anak di era kini, lebih pintar dari pada orangtua.

"Masyarakat juga bisa menjadi kontrol dan pengawas terhadap perilaku anak di lingkungan sekitar. Karena faktor lingkungan di masyarakat sangat berperan dalam membentuk karakter anak. Untuk itu kita perlu kerja samanya. Kami juga saat ini sedang menggodok Perbup tentang larangan jam keluar anak, kadang kalau malam-malam banyak anak-anak yang nongkrong tidak jelas," ungkap Kasiman.

Sementara itu, Bimtek yang akan berlangsung selama tiga hari ke depan, mulai dari tanggal 15 sampai dengan 17 Maret 2017 tersebut, dinarasumberkan oleh Adi Sutrisno S.Kom MPd dan Drs Sugiyanto SIp dari Dirjen PAUD.

Dengan pemaparan materi yang terdiri, kebijakan dan program pembinaan pendidikan keluarga di daerah. Kemudian kebijakan teknis pelibatan keluarga dan masyarakat di satuan pendidikan. Pelaksanaan pertemuan wali kelas dengan orangtua. Pelaksanaan kelas orangtua. Pelaksanaan kelas inspiratif. Pelaksanaan pameran karya siswa dan pentas akhir tahun. Pengasuhan positif dan pendidikan keluarga di era digital serta dukungan psikologis awal bagi anak.

Editor: Udin