Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IPB Siap Buka Pendidikan Vokasi D1 di Lingga
Oleh : Nur Jali
Rabu | 08-03-2017 | 16:50 WIB
rektor-IPB-dan-Awe.gif Honda-Batam

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc (kiri) memberikan penjelasan kepada Bupati Lingga Alias Wello SIP (tengah) didampingi Ketua DPRD Lingga, Drs Riono di aula Rektorat IPB, Rabu (8/3/2017). (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Bogor - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc menyatakan kesiapannya membuka pendidikan vokasi Diploma Satu (D1) di Kabupaten Lingga, dalam rangka mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang pertanian, perikanan dan peternakan di daerah tersebut.

"Terima kasih atas kepercayaan pak Bupati Lingga untuk bekerja sama dengan IPB, khususnya dalam pengembangan SDM pertanian, perikanan dan peternakan. Intinya, kami siap bantu dengan sumber daya yang kami miliki," ungkap Herry saat menerima rombongan Bupati Lingga, Alias Wello, di aula Rektorat IPB, Bogor, Rabu (8/3/2017).

Menurut dia, IPB sebagai salah satu perguruan tinggi penghasil inovasi dan paten terbesar di Indonesia, sudah memiliki banyak pengalaman bekerja sama dengan pemerintah daerah. Namun, ada beberapa daerah di antaranya hanya sebatas tanda tangan kerja sama, tanpa ada implementasinya.

"Saya berharap, Kabupaten Lingga bisa langsung action. Silahkan manfaatkan SDM yang ada pada kami. IPB ini memiliki jumlah dosen doktor terbesar di Indonesia. Lingga punya prospektif untuk IPB. Jangan biarkan kerja sama ini tidak berjalan," harapnya.

Herry juga meminta Pemerintah Kabupaten Lingga tidak hanya puas pada capaian produk mentah. Namun, bagaimana mengolah dan mengemas produk mentah itu menjadi produk yang memberi nilai tambah bagi masyarakat.

"Prinsip-prinsip inovasi pertanian sudah banyak. Jangan sampai hanya produksi bahan mentah. Tapi, bagaimana produk tersebut terintegrasi dari hulu sampai ke hilir. Sehingga memberi nilai tambah bagi masyarakat," tambahnya.

Expand