Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lurah Dabo Lama Minta Warga Tak Jadikan Pinggiran Sungai Tempat Pembuangan Sampah
Oleh : Nur Jali
Minggu | 26-02-2017 | 14:00 WIB
P_20170226_080312.jpg Honda-Batam

Lurah Dabolama Keizzy Dalfi melakukan gotong royong bersama warga membersihkan pinggiran sungai di Jalan Bukit Kapitan agar tak dijadikan tempat pembuangan sampah (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Lurah Dabo Lama, Kecamatan Singkep, Lingga, Keizzy Dalfi, mengajak warga bersihkan pinggiran sungai yang selama ini selalu menjadi tempat pembuangan sampah. Khususnya di Jalan Bukit Kapitan.

Menurutnya, kondisi ini sudah berlangsung sejak lama. Lokasi sungai di pinggiran Jalan Bukit kKpitan tersebut masih saja menjadi langganan masyarakat untuk membuang sampah. Hal ini tentu saja meresahkan warga sekitar lokasi dan masyarakat lainnya, karena sering tercium bau tak sedap saat melintas.

"Ini sudah berlangsung lama, dan terbiarkan warga mengadu sudah menyampaikan ini ke setiap pejabat yang datang, tapi belum ada solusi," Kata Keizzy Dalfi, Lurah Dabolama saat di temui di lokasi Gotong Royong, Minggu (26/2/17).

Keizzy mengatakan, untuk menertibkan lokasi tersebut agar tidak dijadikan tempat pembuangan sampah, ia bersama perangkat RT dan RW melakukan gotong royong dan menyiapkan tempat-tempat sampah. Pihaknya juga akan memasang plang papan Perda yang melarang membuang sampah sembarangan.

"Kita bersihkan tempat sampah yang selama ini tidak di gunakan, dan kita juga akan mendirikan plank perda larang membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Kondisi sungai di jalan bukit kapitan ini terhubung langsung dengan sungai yang di Pasar Dabo, sehingga salah satu yang membuat sungai di Pasar Dabo terlihat kotor karena adanya pembuangan sampah di lokasi tersebut.

"Aliran sungai ini menuju ke Pasar Dabo, jadi kalau ini kotor otomatis sampahnya mengalir ke hilir sungai di Pasar Dabo," sebutnya.

Lurah Dabolama ini juga mengatakan, kondisi jalan di pinggir sungai harus mendapat perhatian pemerintah karena rentan mengalami abrasi, atau longsor yang dapat membuat aspal di jalan tersebut akan tergerus.

 Ini juga harus di pasang batu miring, kalau dibiarkan kita kuatir jalan ini akan rusak karena longsor," katanya.

Editor: Surya