Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Citilink Operasikan Pesawat Airbus A320 NEO Pertama di Indonesia
Oleh : Redaksi
Sabtu | 25-02-2017 | 09:26 WIB
A320-Neo01.gif Honda-Batam

Airbus A320 NEO.(Sumber foto: Airbus.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarata - Maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia menerima pesawat terbarunya, yaitu Airbus A320 NEO. Citilink menjadi maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan pesawat Airbus seri terbaru tersebut.

 

Direktur Citilink Indonesia, Mega Satria menilai Airbus A320 NEO tepat untuk menjawab tantangan ekspansi Citilink ke kawasan regional. Selain khusus untuk penerbangan jarak dekat dan menengah, pesawat ini memiliki keunggulan pada mesinnya yang lebih modern dibandingkan seri pendahulunya, yaitu A320 CEO.

"Pesawat bisa hemat bahan bakar hingga 15 persen dan dapat menghemat biaya hingga 8 persen," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 24 Februari 2017.

Menurut Mega, penghematan bahan bakar membuat Airbus A320 NEO memiliki jarak tempuh yang lebih panjang dan daya angkut yang lebih besar dibandingkan seri pendahulunya. Kriteria tersebut cocok untuk penerbangan di langit wilayah timur Indonesia yang jaraknya cukup jauh dari kota penerbangan utama Citilink yang berada di Jawa dan Sumatera.

Mega mengatakan penumpang juga akan merasa lebih nyaman saat melakukan terbang dengan Airbus A320 NEO. Pesawat tersebut diklaim memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan A320 CEO. "Dengan menggunakan Airbus A320 NEO, Citilink Indonesia juga menjadi salah satu maskapai yang mendukung teknologi ramah lingkungan dengan kadar emisi yang lebih rendah," kata Mega.

Ia juga mengungkapkan rencana untuk menambah armada Airbus A320 NEO untuk memenuhi kebutuhan penerbangan domestik dan regional. Menurut Mega, penambahan armada akan dilakukan secara bertahap. Citilink berencana mendatangkan total 10 unit pesawat Airbus A320 NEO hingga 2018.

Airbus A320NEO merupakan pesawat pertama dari total enam pesawat yang akan didatangkan Citilink tahun ini. Dengan datangnya unit tersebut, Citilink tercatat telah mengoperasikan 45 pesawat dengan 44 unit di antaranya merupakan Airbus A320 CEO.

Selain untuk menerbangi kota-kota di Indonesia, Mega juga menyatakan kesiapan Citilink untuk merambah pasar regional dengan armada terbarunya. “Armada terbaru kami nantinya juga akan digunakan untuk ekspansi Citilink ke tingkat regional," kata dia. Saat ini perusahaan tengah menggodok konsep dan melakukan persiapan agar penerbangan ke regional bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Sumber: Tempo.co