Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

NKRI, Harmoni dalam Kebhinekaan
Oleh : Roni Yudha Ginting
Selasa | 21-02-2017 | 16:15 WIB
4-pilar.gif Honda-Batam

Anggota DPD/MPR RI Djasarmen Purba menyosialisasikan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) agar masyarakat memahami pentingnya dasar negara untuk memperkokoh rasa persatuan bangsa. (Foto: Roni Yudha Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota DPD/MPR RI Djasarmen Purba menyosialisasikan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) agar masyarakat memahami pentingnya dasar negara untuk memperkokoh rasa persatuan bangsa.

"Kegiatan ini perlu dilakukan supaya masyarakat lebih paham dan mencintai bangsa Indonesia ini dengan sepenuh jiwa," katanya usai melakukan sosialisasi empat pilar di Gereja BNKP Kavling Seroja Dapur 12 Keluarahan Sei pelunggut, Kecamatan Sagulung, Minggu (19/2/2017).

Dalam acara ini, senator dengan motto Hidup Adalah Ibadah (HAI) ini, mengingatkan dan menyakinkan kepada seluruh hadirin bahwa  perbedaan dan kebhinekaan justru sebagai sebuah kekuatan dan keunggulan, terutama karakteristik penduduk Kota Batam, yang nota bene mayoritas adalah sebagai perantau atau pendatang dan bukan penduduk asli atau tempatan. Yang datang dari seluruh pelosok dan penjuru tanah air.

Rumah besar yang kita sebut Kota Batam justru diisi oleh kemajemukan. Namun justru hal ini dijadikan sebagai panutan dan arahan bagi masyarakat untuk dapat saling asah, asih dan asuh. Saling mempelajari hal hal yang positif dan unggul dari kelompok suku atau adat masyarakat tertentu, sehingga terciptalah harmoni dalam kebhinekaan tersebut.

"Masyarakat Indonesia ini merupakan paling hebat karena memiliki kebhinnekaan dan juga karakter yang hebat. Ada berbagai macam suku ada di Indonesia dan bersatu bersama," katanya.

"Bahwa kebhinekaan bagi bangsa ini justru menjadi pondasi bagi utuh dan kuatnya persatuan, tegaknya NKRI sepanjang masa dan zaman. Untuk itu seluruh majelis dan jemaat anggota BNKP diharapkan mampu menjadi garda terdepan," imbuhnya lagi.

Dalam sosialisasi tersebut, pihaknya mengajak narasumber dari DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Onward Siahaan, untuk turut serta menjelaskan kepada masyarakat terkait dengan pentingnya pelaksanaan program empat pilar ini.

Editor: Udin