Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kelompok Dasawisma Melati Kampung Purwoasri

Memanfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanaman Bernilai Ekonomis
Oleh : CR-13
Jum'at | 17-02-2017 | 13:26 WIB
Manfaatkan-pekarangan-rumah1.gif Honda-Batam

Pemanfaatan pekarangan rumah oleh Kelompok Melati. (Foto: CR-13)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Dasawisma PKK Kelompok Melati Kampung Purwoasri RT 04 RW 02 Kelurahan Gunung Lengkuas ikut dalam penilaian lingkungan bersih tingkat Kabupaten Bintan. Mereka memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman obat-obatan bernilai ekonomis.

Lurah Gunung Lengkuas, Ivan Golar Riady kepada BATAMTODAY.COM mengatakan, kegiatan ini merupakan gagasan dari Ketua PKK Bintan, untuk meningkatkan peranan perempuan dalam penempatan lingkungan sekitar.

"Ini merupakan kegiatan yang digagas oleh ketua PKK Bintan dan Kelurahan kita akan diwakili Kelompok Melati," beber Ivan, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kantor Lurah Gunung Lengkuas, Jumat (17/2/2017).

Dijelaskannya, kelompok Melati sudah terbentuk sejak empat tahun lalu dengan memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam tanaman obat-obatan, seperti jahe, kunyit, serai dan lain-lain.

"Jadi kelompok melati ini sudah sejak lama memanfaatkan perkarangan rumah, jadi bukan sengaja didesain saat ada wacana perlombaan itu," ungkap Ivan.

Ivan berharap hal ini dapat dijadikan contoh untuk para ibu rumah tangga yang lainnya. Karena menurutnya, hal ini sangat baik dan juga bisa mendorong untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

"Hal bisa jadi contoh buat yang lainnya, karana hasil dari tanaman ini selain dikonsumsi sendiri, juga bisa dijual," timpal Ivan.

Editor: Yudha