Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awas, Konsumsi Akar Manis Saat Hamil Pengaruhi Otak Janin
Oleh : Redaksi
Rabu | 15-02-2017 | 14:02 WIB
Ibu-hamil-ilustrasi1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebuah studi dari Universitas Helsinki, Finlandia menemukan bahwa konsumsi licorice atau akar manis hitam berlebih selama kehamilan dapat mempengaruhi otak janin.

 

Studi yang dipimpin oleh Katri Raikkonen, seorang Profesor Psikologi Universitas Helsinki, menyatakan, kandungan senyawa glicirizin dalam akar manis dapat merusak plasenta, dan memicu bekerjanya beberapa hormon abnormal.

"Temuan ini menunjukan wanita hamil harus diberitahu jika konsumsi akar manis langsung atau dalam produk yang mengandung glicirizin dapat berbahaya bagi perkembangan keturunan mereka," ujar para peneliti.

Untuk membuktikan hal tersebut, para peneliti melakukan penelitian terhadap 1049 wanita hamil pada 1998. Selama penelitian, para peneliti mendata jumlah glicirizin yang dikonsumsi ibu hamil selama sepekan.

Sebanyak 11 persen ibu hamil mengonsumsi 500 miligram senyawa tersebut per minggu, sementara 75 lainnya mengonsumsi kurang dari 250 miligram. Setelah hampir 13 tahun berlalu, para peneliti menghubungi kembali 451 ibu peserta uji.

Hasilnya 51 anak lahir dari ibu pengonsumsi akar manis tinggi. Sementara 330 anak lain lahir dari ibu yang tidak terlalu banyak mengonsumsi akar manis. Para peneliti melihat ibu pengonsumsi akar manis tinggi akan melahirkan anak yang memiliki IQ 7 nilai lebih rendah dibanding mereka yang tidak terlalu banyak makan akar manis saat hamil.

Tidak hanya itu, anak perempuan yang lahir dari ibu penggemar akar manis, cenderung mengalami pubertas dini.

Dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa senyawa glicirizin dalam akar manis dapat menghambat aktivitas enzim yang membantu melindungi janin dari kadar kortisol atau hormon stres.

Lebih lanjut peneliti menjelaskan, senyawa glicirizin dalam dosis rendah mampu menghambat enzim tersebut dan akhirnya mengalirkan kortisol pada janin melalui plasenta.

Namun, peneliti belum dapat menyimpulkan dosis aman akar manis yang boleh dikonsumsi ibu hamil. Tapi, Institut Nasional untuk Kesehatan dan Kesejahteraan di Finlandia telah menambahkan akar manis dalam daftar makanan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha