Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Anda
Oleh : Redaksi
Rabu | 08-02-2017 | 11:14 WIB
Jeruk-Pamelo-Jambi1.jpg Honda-Batam

Buah jeruk. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Buah jeruk dan jenis buah jeruk lainnya punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Saat ini, kita sangat familiar dengan buah jeruk, limun, anggur, jeruk kuning, buah beri dan lainnya yang temasuk dalam jenis buah jeruk atau citrus. Banyak tumbuh di negara-negara beriklim tropis seperti India, jeruk sangat populer dan biasa dikonsumsi untuk sehari-hari.

Banyak jeruk digunakan sebagai bahan jus, milkshake, salad buah, selai dan lain sebagainya, serta menjadi makanan lezat untuk yang sedang diet. Saat ini, kebanyakan orang sudah tahu bahwa jeruk kaya akan vitamin C, salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh dengan baik.

Vitamin C mampu menjaga kesehatan dengan membangun sistem imunitas tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, berikut tujuh alasan kamu harus sering makan jeruk.

1. Menutrisi tubuh
Selain vitamin C, jeruk juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti vitamin B, kalium, dan potasium yang bisa menutrisi tubuh.

2. Mengurangi sembelit
Jeruk juga kaya akan serat. Memakan buah ini dengan rutin dapat melunakkan kotoran dalam usus dan mengatasi sembelit.

3. Mencerahkan kulit
Jeruk dapat mencerahkan kulit dari dalam karena kandungan antioksidan yang bisa meremajakan sel kulit.

4. Mengurangi kolesterol
Sebagaimana jeruk yang mengandung serat larut, kandungan ini dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyimpan kolesterol tidak sehat, sehingga mengurangi angka kolesterol.

5. Membantu mengurangi berat badan
Vitamin C pada jeruk membantu membakar lemak sehingga bisa mengurangi berat badan.

6. Mencegah batu ginjal
Jeruk dapat mengurangi resiko peradangan pada penderita batu ginjal. Vitamin C dapat mengeluarkan racun dan kotoran yang ada di ginjal setiap hari.

7. Meningkatkan kesehatan hati
Flavonoid dan serat pada jeruk berguna mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan hati untuk waktu yang lebih lama.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha