Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menkumham Terima Pendaftaran Pengurus Baru Hanura
Oleh : Irawan
Kamis | 19-01-2017 | 15:14 WIB
pendaftaran_hanura.jpg Honda-Batam

Menkumham menerima pendaftaran pengurus baru Partai Hanura

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly, terlihat mengunjungi ruang Fraksi Partai Hanura di lantai 16 gedung Nusantara 1 Dewan Perwakilan Rakyat RI, Jakarta, Kamis (19/1/2017). Sejumlah pengurus DPP terlihat hadir, namun Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta tidak hadir karena sedang sakit.

Kunjungan Yasonna sekaligus menerima hasil struktur kepengurusan Partai Hanura yang baru hasil musyawarah nasional luar biasa (munaslub). "Saya menyambut baik ini, ada kemajuan besar dari Partai Hanura," kata Yasona.

Pria kelahiran Tapanuli, Sumatera Utara ini mengaku akan memproses pengajuan atas pendaftaran kepengurusan yang baru dari partai tersebut. Apabila ada kekurangan, Kemenkumham akan langsung memberitahukan kepada partai.

Di samping itu, ia menyinggung bahwa partai tersebut sudah mampu membuka diri. Terutama untuk memperlebar kekuatan dalam menghadapi partai-partai lainnya.

"Saya kira kita semua harus membangun proses demokrasi yang penuh enerjik," ujarnya.

Sekretaris Jenderal Partai Hanura Sarifuddin Sudding mengatakan telah merampungkan sembilan struktur kepengurusan partai yang baru. Hasil tersebut berdasarkan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) pada Rabu (21/12/2016) lalu.

Dia telah menyerahkan daftar sembilan struktur tersebut kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasonna Laoly. Penyerahan tersebut dalam rangka memenuhi ketentuan Undang Undang Nomor 2 Tahun 2011.

Ia menambahkan, selain sembilan struktur tersebut, masih ada tiga lagi yang belum rampung. Dan akan diserahkan menyusul. "Masih ada tiga (struktur kepengurusan) lagi, itu nanti menyusul," kata Sarifuddin.

Di samping itu, ia menjelaskan, pergantian struktur tersebut diharapkan bisa membangun kebersamaan antarpengurus agar saling bersinergi. Upaya itu, agar tidak akan lagi menimbulkan perbedaan.

"Ini awal baik Partai Hanura untuk melangkah ke depan. Semoga cita-cita dan harapan bisa jadi kenyataan di Pemilu 2019," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Hanura merombak susunan kepengurusannya. Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang mengatakan, upaya itu juga telah mendapatkan instruksi langsung dari Ketua Dewan Pembina Hanura Wiranto.

Adapun pergantian kepengurusan itu di antaranya, telah memutuskan Sekjen dijabat Sarifuddin Suding dan Wakil Ketua Umum adalah I Gede Pasek mendampingi Ketua Umum terpilih Oesman Sapta Odang.

Berikut sembilan struktur kepengurusan Partai Hanura yang baru :

1. Susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura masa bakti 2016-2020.
2. Susunan pengurus Dewan Pembina DPP Partai Hanura masa bakti 2016-2020.
3. Susunan pengurus Dewan Penasihat DPP Partai Hanura.
4. Susunan pengurus Dewan Kehormatan DPP Partai Hanura.
5. Dewan pengurus Divisi Pemilih Kasih Publik DPP Partai Hanura.
6. Susunan pengurus Badan Informasi Strategis DPP Partai Hanura.
7. Dewan pengurus Badan Pendidikan dan Pelatihan DPP Partai Hanura.
8. Badan Penelitian dan Pengembangan DPP Partai Hanura.
9. Susunan pengurus Lembaga Bantuan Hukum DPP Partai Hanura.

Editor: Surya