Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT AP II Janji Gesa Perpanjangan Landasan Bandara RHF
Oleh : Charles/Dodo
Senin | 10-10-2011 | 17:34 WIB
Penandatanganan_Operasional_Bandara_RHF_Tanjungpinang.JPG Honda-Batam

Usai melakukan Penandatangan Berita Acara Serah Terima Opersional Lahaan. PT.Angkasa Pura berjanji akan menggesa perpanjangan landasan Bandara RHF Tanjungpinang

TANJUNGPINANG, batamtoday - Usai melaksanakan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) lahan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) dari Pemerintah Kota Tanjungpinang kepada PT Angkasa Pura II, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sukono berjanji akan menggesa pelaksanaan pembangunan perpanjangan landasan Bandara RHF dan diperkirakan selesai pada akhir 2011.

 

"Pelaksanaan penandatanganan Berita Acara Serahterima Operasional (BASTO) lahan Bandara Internasional RHF Tanjungpinang ini, adalah untuk kelancaran kegiatan operasional bandara, hingga pada akhir 2011 nanti, diharapakan perpanjangan landasan akan dapat diselesaikan dan mampu disinggahi pesawat jenis Boeing 737-900 ER," kata Tri.
 
Saat ini, tambah Tri, PT.Angkasa Pura baru dapat merealisasikan pengoperasian landasan RHF sepanjang 2,006x45 meter. Upaya perpanjangan landasan bandara internasional RHF Tanjungpinang sendiri,  bertujuan untuk menampung pesawat berjenis lebar seperti Boeing 747 series 400 yang bertujuan meningkatakan kebutuhan penerbangan.

Beberapa program yang dicanangkan oleh PT Angkasa Pura II adalah melakukan perpanjangan landasan pacu dari yang ada saat ini 2,256x45 meter menjadi 2,500x45 meter.

"Program lain, yang terus digesa PT Angkasa Pura II adalah melaksanakan pembangunan terminal baru seluas 8.100 meter, dimana  saat ini, yang siap baru sekitar 60 persen. Dengan siapnya pembangunan terminal ini, nantinya akan dapat menampung 81.000 penumpang per tahunnya," ujar Tri lagi.

Sementara untuk program keselamatan penerbangan, PT Angkasa Pura II juga telah mengalokasikan pengadaan dan pemasangan alat navigasi VHF-APP dan pembangunan gedung Tower baru.

Upaya kerjasama ini dapat hendakanya dapat terus dilaksanakan, hingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi Angkasa Pura II, maupun Pemerintah Kota Tanjungpinang, terutama dalam meningkatkan hubungan kerja sama kedua belah pihak dan sinergitas yang telah terbangun.

"Kami mengungkapkan rasa terima kasih kepada Pemko Tanjungpinang dan semua lapisan masyarakat, yang mendukung kelancaran penyempurnaan bandara RHF. PT Angkasa Pura akan terus melakukan pembenahan dan pengembangan bandara, guna menumbuh kembangkan roda perekonomian nasional," tegasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang,Suryatati A. Manan dan DPRD Tanjungpinang juga mengucapkan terimakasih pada PT Angkasa Pura II atas perhatiannya dan melakukan pengelolaan Bandara RHF dengan baik. Hal itu terlihat dengan digesanya peningkatan sarana dan prasarana untuk menunjang mobilitas udara di bandara tersebut.

"Saat ini, perbaikan yang telah berlangsung selama 3 tahun terakhir, mulai menunjukkan kemajuan yang pesat, baik itu dari sarana dan prasarana penunjang yang semakin baik, Hal itu terlihat dari penggantian nama bandara, dari bandara Kijang menjadi Bandara Internasional Raja Haji Fisablillah, serta penyempurnaan landasan," ujar Suryatati.

Dalam menunjang pelaksanaan opersional Bandara, saat pihak PT Angkasa Pura juga sedang melaksanakan pembangunan, jalan tambahan menuju bandara, pembangunan terminal pendukung yang telah mencapai 60 persen.

"Hal itu juga dapat kita lihat, sekarang berbagai maskapai penerbangan telah singgah di kota Tanjungpinang. yang dulunya hanya melayani 1 atau 2 maskapai, namun kini sudah ada 4 sampai 5 maskapai yang melayani penerbangan tiap harinya dari bandara RHF," kata Tatik.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari kerjasama antara Pemko Tanjungpinang, Pemerintah Provinsi Kepri, PT Angkasa Pura, serta ditopang dengan dana dari APBN dalam pelaksanaan pembangunan bandara.

"Perubahan ini, semakin hari semakin terwujud dan pemerintah kota sangat mengharapkan semoga di tahun 2012 mendatang, seluruh sarana dan prasarana penunjang kebutuhan bandara akan siap dan terealisasi," pungkasnya.