Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peserta Piala Dunia 2026 Jadi 48, FIFA Bisa Untung Rp85 Triliun
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-01-2017 | 13:38 WIB
presiden-FIFA.gif Honda-Batam

Presiden FIFA, Gianni Infantino, menghadiri sebuah acara di Singapura, pada Kamis (8/12/2016).(Sumber foto: AFP)

BATAMTODAY.COM, Zurich - Presiden FIFA, Gianni Infantino, membantah bahwa penambahan peserta Piala Dunia hanya memikirkan faktor finansial. Dia mengaku bahwa ekspansi peserta itu terlebih dahulu mempertimbangkan faktor keolahragaan.

Berdasar putusan FIFA pada Selasa (10/1/2016), kontestan putaran final Piala Dunia 2026 bertambah menjadi 48 peserta. Jumlah itu membengkak 16 negara dibandingkan peserta Piala Dunia 2014.

Untuk meringkas waktu penyelenggaraan, 48 peserta akan dibagi ke dalam 16 grup yang masing-masing terdiri atas tiga negara. Dua tim teratas akan lolos ke fase gugur pertama alias babak 32 besar.

Sejumlah kalangan menilai miring putusan FIFA itu. Para pengkritik itu menilai bahwa ekspansi jumlah peserta hanya berdasar pada keuntungan finansial.

"Sebaliknya, justru putusan ini diambil dengan melihat sisi sepak bolanya," kata Infantino membantahnya, seperti dilansir dari BBC.

"Setiap format turnamen punya manfaat untuk sisi finansial. Saat ini, kita berada dalam situasi tenang untuk bisa mengambil putusan atas azas keolahragaan," ujar sarjana hukum berusia 47 tahun itu.

Berdasar riset FIFA, jumlah pendapatan dari penambahan peserta putaran final Piala Dunia akan mengalami peningkatan signifikan.

Pendapatan turnamen diprediksi akan menjadi 5,29 miliar poundsterling (sekitar Rp85,82 triliun) dengan keuntungan mencapai 521 juta poundsterling (sekitar Rp8,45 triliun).

"Ini merupakan putusan bersejarah yang akan menandai kehadiran Piala Dunia pada abad ke-21," tutur Infantino.

Putusan menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 32 peserta pada 1998 memang terjadi pada abad ke-20. Karena itu, Infantino menilai, penambahan peserta ini akan menjadi penanda baru dalam sejarah Piala Dunia.

Selain dari sisi finansial, Infantino juga menilai bahwa penambahan jumlah peserta akan meningkatkan kualitas kompetisi Piala Dunia.

"Pada Piala Dunia terakhir, kita lihat bahwa Kosta Rika bisa menyisihkan Inggris dan Italia. Akan ada tim lain seperti mereka di Piala Dunia," ucap pria berdarah Italia dan Swiss itu.

"Saya percaya, kualitas tim juga akan meningkat karena banyak negara kini punya kesempatan besar untuk lolos. Karena itu, mereka akan berinvestasi di kompetisi elite hingga akar rumputnya," kata Infantino.

Berdasar format turnamen yang diusulkan, Infantino menilai tak perlu ada perubahan dari jadwal kompetisi, sekalipun jumlah pertandingan Piala Dunia akan naik dari 64 menjadi 80 laga.

Dari hasil simulasi, Piala Dunia dengan 48 peserta juga bisa akan selesai dalam periode 32 hari, seperti halnya Piala Dunia dengan 32 peserta.

Sumber: BBC
Editor: Udin