Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FIFA Resmi Putuskan Piala Dunia Diikuti 48 Tim
Oleh : Redaksi
Rabu | 11-01-2017 | 09:02 WIB
tropipialadunia.jpg Honda-Batam

Trophy Piala Dunia. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Zurich - Badan tertinggi sepak bola dunia FIFA akhirnya membuat membuat keputusan terkait jumlah peserta Piala Dunia. Pesta sepak bola terbesar tersebut akan diikuti oleh 48 tim pada Piala Dunia 2026 mendatang.

 

Wacana ditambahnya jumlah peserta Piala Dunia oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino akhirnya mendapat persetujuan dari para anggota dewannya. Hal tersebut setelah dilakukan pertemuan di Zurich, Swiss, Selasa (10/1) waktu setempat.

Seperti dikutip Soccerway, format baru tersebut akan diikuti oleh 48 tim dengan putaran grup dibagi menjadi 16 grup. Setiap grup akan diisi oleh tiga tim, dua tim teratas akan melaju ke fase gugur 32 besar.

Wacana ini sebenarnya sudah dibeberkan oleh Gianni Infantino sebagai Presiden FIFA sejak tahun lalu namun baru teralisasikan saat ini. Tentunya hal ini menjadi kesempatan untuk negara kecil untuk berpartisipasi di Piala Dunia.

Namun hal ini tidak sepenuhnya mendapat dukungan, Inggris dan Jerman menjadi kubu yang menentang sistem baru ini. Menurutnya ini akan merugikan Asosiasi Klub Eropa.

“Untuk kepentingan penggemar dan pemain, kami meminta FIFA untuk tidak menambah jumlah peserta Piala Dunia. Politik dan perdagangan tidak harus menjadi prioritas di dalam sepak bola,” kata Karl-Heinz Rummenigge,”

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardani