Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jadi Nama Bandara Bambang Soebandi

Nurdin Usulkan Nama Bandara Sei Bati Diubah
Oleh : Alrion/Dodo
Sabtu | 08-10-2011 | 17:50 WIB
Nurdin.gif Honda-Batam

Nurdin Basirun saat menerima penyerahan aset Yayasan Bakti Tugas dari ahli waris Bambang Soebandi. (Foto: Alrion)

KARIMUN, batamtoday - Bupati Karimun Nurdin Basirun mengusulkan perubahan nama Bandara Sei Bati yang kini sedang tahap pengerjaan diubah menjadi Bandara Bambang Soebandi untuk mengenang jasa-jasa mantan Kepala Kantor Wilayah Khusus Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kepulauan Riau itu.

"Keberadaan Bandara Sei Bati merupakan ide serta dikerjakan Bambang Soebandi bersama masyarakat saat itu untuk percepatan akses ke Karimun," kata Nurdin saat menghadiri penyerahan aset Yayasan Bakti Tugas berupa gedung sekolah SD dan SMP ke Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun pada Sabtu (8/10/2011).

Nurdin mengatakan usulan pemberian nama Bandara Bambang Soebandi tersebut sangat logis mengingat Bambang merupakan orang yang sangat berjasa dalam pembangunan Karimun.

Saat Bambang bertugas di Karimun, lanjut Nurdin, dirinya tidak hanya mementingkan tugasnya sebagai seorang pegawai Bea Cukai. Nurdin mencontohkan saat itu kapal cepat di Karimun hanya milik Bea Cukai dan atas ijin Bambang Soebandi, anak-anak Karimun yang sekolah dan kuliah di luar Karimun dengan menaiki kapal patroli Bea Cukai, baik itu ke Pekanbaru maupun Jakarta tanpa dipungut biaya.

Demikian juga jika ada orang Karimun yang sakit dan perlu berobat dapat menaiki kapal patroli serta kemudahan lainnya.

"Semua itu atas kebijaksanaan Bambang Soebandi," kenang Nurdin. 

Selain itu, Bambang juga memilik kepedulian untuk memajukan pendidikan di Karimun dengan membangun sekolah yang dikelola Yayasan Bakti Tugas, meskipun itu hanya tingkat SD dan SMP tetapi itu sudah sangat membantu.

Untuk mewujudkan idenya, Nurdin juga meminta izin pada ahli waris agar nama Bambang Soebandi dijadikan nama bandara yang nantinya dapat dilandasi oleh pesawat Boeing.