Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terjun dari Kapal dan Diselamatkan Nelayan

3 ABK Asal Kamboja Diamankan Polisi
Oleh : Dodo
Sabtu | 08-10-2011 | 17:27 WIB

BATAM, batamtoday - Tiga orang anak buah kapal warga negara Kamboja diamankan Kepolisian Resor Kota Batam, Rempang dan Galang usai diselamatkan seorang nelayan setelah terjun ke laut di perairan Punggur, Batam, Sabtu (8/10/2011).

Ketiga ABK tersebut, masing-masing Smo Ai (21), Lat (20) dan Thin (21), melompat dari kapal mereka, yang hingga saat ini belum diketahui namanya, setelah tak tahan diperlakukan tidak manusiawi oleh tekong kapal. Mereka diselamatkan oleh M. Taher, seorang nelayan di Punggur, saat terapung-apung di tengah laut selama semalam.

Oleh Taher, ketiganya dibawa ke proyek pembangunan PLTU Tanjung Kasam dan kemudian satpam proyek melaporkan ke Polsek Nongsa untuk diberikan penanganan.

Kompol Robertus Herry, Kapolsek Nongsa, membenarkan ketiga ABK diamankan pihaknya. "Sekarang ketiga ABK itu sudah kami serahkan ke Polresta Barelang," kata Herry saat dihubungi batamtoday.

Hingga kini anggota Polresta Barelang sedang meminta keterangan terhadap para ABK asal Kamboja terkait latar belakang maupun identitas mereka, meski mengalami kesulitan berkomunikasi lantaran ketiga orang itu sama sekali tidak menguasai bahasa Inggris.