Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kembangkan Potensi Unggulan

Dekranasda Bintan Latih Pengrajin Lokal
Oleh : Charles/Dodo
Kamis | 06-10-2011 | 17:41 WIB
Bupati_Bintan_Ansar_Ahmad_SE_bersama_Ketua_Dekranasda_Bintan_Ny.Dewi_Kumala_Sari_Ansar_saat__melihat_hasil_karya_Pelatih.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan Ansar Ahmad SE bersama Ketua Dekranasda Bintan Ny.Dewi Kumala Sari Ansar saat  melihat hasil kerajinan dari Dekranasda Bintan

BINTAN, batamtoday - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bintan menggelar perkemahan pelatihan bagi para pengrajin lokal untuk mengembangkan potensi unggulan daerah tersebut. Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Bintan Ansar Ahmad didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Bintan Dewi Kumalasari Ansar, di Km.20 Kecamatan Bintan Timur, Kijang,beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Ansar mengatakan pelaksanaan pelatihan kerajinan ini, hendaknya dapat mengembangkan potensi unggulan di kabupetan Bintan, dalam mengubah performance hasil karya masyarakat menjadi lebih baik dan berkembang lebih luas.

“Kita akan terus berusaha, untuk melatih para pengrajin yang ada di Kabupaten Bintan dengan ilmu pengetahuan dan skill, hingga kedepan keterampilan pengerajin masyarakat kita dengan tenaga SDM yang handal dapat meningkatakan kemampuan pengerajin," kata Ansar.

Kerajinan tangan, tambah Ansar sangat memiliki prosepek yang sangat bagus dipasarkan di Bintan, khususnya pada wisatawan yang berkunjung dengan jumlah rata-rata 1.000 hingga 2.000 wisatawan dalam 1 tahun.

"Hal ini harus dapat kita manfaatkan untuk memamerkan dan menjual produk-produk hasil karya pengrajin dan masyarakat kita kepada mereka,” ujarnya.

Bupati Ansar juga menyatakan akan membeli 1.000 paket produk yang dihasilkan pengrajin dan masyarakat Bintan dari hasil pelatihan ini, untuk jadikan cinderamata bagi tamu di ajang MTQ Provinsi Kepri pada 2012 mendatang.

Para pengrajin, setelah pelatihan juga diharapkan dapat menghasilkan kreativitas dan produk yang dapat dipesan dan disalurkan ke hotel-hotel berbintang lima yang ada di Lagoi, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan membangun ekonomi para pengrajin yang ada di Bintan.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana Riki Ronaldo mengatakan, pada hari pertama pembukaan pelatihan pengrajin ini, sebanyak 48 orang telah terdaftar sebagai peserta pelatihan, termasuk masyarakat dari kecamatan Tambelan. 

"Kita perkirakan pada hari mendatang para peserta yang ikut pelatihan akan semakin bertambah," ujarnya.

Dalam pelatihan ini, Dekranasda Kabupeten Bintan, mendatangkan pelatih yang sudah terkenal baik di Indonesia maupun mancanegara, diantaranya seperti, Hj. Darningsih dari Packing House, H.C.Ceppy Setiawan, pemilik dari Model Boneka Jepang, Eddy Noor  Ketua Himpunan Masyarakat Pengrajin Kota Bandung, serta pelukis kaca teknik tuang dunia dan sejumlah tenaga instruktur lainya.

Pada kesempatan itu, para pelatih dan nara sumber, juga memberikan cinderamata berupa kapal Phinisi yang terbuat dari 800 batang korek api kepada Ketua Dekranasda Kabupeten Bintan.