Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

140 PDAM di Indonesia Masuk Kategori Tak Sehat
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Rabu | 05-10-2011 | 19:12 WIB

BATAM, batamtoday - Perusahaan air minum di Indonesia yang tergabung dalam Perpamsi (Persatuan perusahaan air minum seluruh indonesia) yang masuk kategori tak sehat atau 'sakit' tercatat sebanyak 140 perusahaan dari 450 PDAM yang beroperasi.

Dijelaskan Dwike Riantara, Koordinator Twining dari Perpamsi, PDAM tergabung dalam tiga kategori yaitu perusahaan yang sakit, perusahaan yang kurang sehat dan perusahaan yang sakit. PDAM yang masuk kategori sakit sebanyak 140 perusahaan, PDAM yang masuk kategori kurang sehat sebanyak 170 dan PDAM yang sehat sebanyak 142 perusahaan.

Adapun indikator penentuan kategori PDAM yaitu dari tingkat kebocoran, kinerja keuangan tingkat pertambahan pelanggan serta kualitas air yang dihasilkan didistribusikan ke konsumen.

"PT ATB termasuk salah satu yang masuk ke kategori sehat," ujar Dwike saat menggelar twinning program di Batam kepada wartawan, Rabu (5/10/2011).

Untuk mengurangi PDAM yang sakit menjadi sehat, maka salah satu program yang dilakukan adalah melakukan Twinning program, dimana perusahaan yang masuk kategori sakit melakukan duplikasi ke perusahaan yang masuk kategori sehat.

"Seperti yang dilakukan oleh PT Tirta Mukti Kabupaten Cianjur dan PT Tirta Siak dari Pekanbaru saat ini," tuturnya.