Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jalan Desa Toapaya akan Dibuka 1 Kilometer
Oleh : Charles/Ocep
Rabu | 05-10-2011 | 17:54 WIB
photo_pinang_01.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan Ansar Ahmad secara  simbolis memberikan perlengkapan kerja pada Operasi Bhakti Pemberdayaan  masyarakat

BINTAN, batamtoday - Pemerintah Kabupaten Bintan bekerjasama dengan TNI akan membuka jalan sepanjang satu kilometer di Desa Toapaya sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam Bhakti Pemberdayaan Masyarakat.

Guna mempercepat program pembangunan yang dilaksanakan di sejumlah desa dan kecamatan, Pemerintan kabupaten Bintan bekerjasama dengan TNI AD menggelar Operasi Bhakti Pemberdayaan Masyarakat di Desa Toapaya Utara dan Desa Malang Rapat.

Selain sebagai kerjasama rutin, pemerintah dan TNI, Operasi Bhakti Pemberdayaan Masyarakat itu juga melibatkan masyarakat terutama masyarakat pedesaan.

Saat membuka kegiatan, Bupati Bintan Ansar Ahmad SE,MM mengatakan pelaksanaan Operasi Bhakti Pemberdayaan Masyarakat ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses pembangunan di kabupaten Bintan yang direncanakan dalam berbagai program pembangunan secara bertahap dan berkesinambungan khususnya pada sejumlah pedesaan yang ada di Bintan.

“Kita yakin dengan usaha membangun desa ini, akan melahirkan desa-desa yang sehat dan dari desa-desa yang sehat akan melahirkan kecamatan yang sehat serta kecamatan yang sehat akan melahirkan Kabupaten dan provinsi yang sehat pula," ujarnya.

Pemberdayaan masyarakat, tambah Ansar, dilaksanakan secara partisipatif dengan metoda sain of belonging and responsibility, dimana setiap warga mempunyai rasa memiliki dan membangun oleh masyarakat itu sendiri karena masyarakat merupakan subjek utama pembangunan yang juga akan menjaga dan memelihara pembangunan yang dilakukan.

“Untuk itu, kita inginkan adanya partisipasi yang besar dari masyarakat pedesaan, dan dengan keterlibatan unsur TNI dalam kegiatan ini, menjadi bukti kesungguhan TNI bersama-sama masyarakat dalam meningkatkan pembangunan," jelas Ansar.

Pelaksanaan kegiatan ini, akan diusahakan berlangsung setiap tahun, dan untuk tahun depan, pemerintah kabupaten Bintan, akan mencoba membuka jalan lintas timur ke Kijang dengan jarak 12 Km, serta melakukan pembedahan performance sebuah kampung secara bersama.

Kepala BPMP dan KB kabupaten Bintan Agus Nirman mengatakan, pelaksanaan operasi ini berlangsung selama 2 minggu, dari tanggal 4 Oktober 2011 sampai 17 Oktober 2011 mendatang.

Kegiatan ini akan dilangsungkan di Desa Toapaya Utara dan Desa Malang Rapat Kec.Gunung Kijang, sedangkan kegiatan yang akan dilaksanakan berupa kegiatan fisik berupa pembukaan jalan sekitar 1 km di Desa Toapaya Utara, Pembangunan TPA, 1 unit di Desa Toapaya Utara dan Rehab Mesjid Nurul Huda di Desa Malang Rapat.

Adapun kegiatan non fisik dilakukan melalui penyuluhan/sosialisasi dibidang penyuluhan Bela Negara, penyuluhan Kantibmas, Penyuluhan Kesehatan Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Perikanan

"Sedangkan kegiatan ketiga adalah Penyuluhan personil yang terdiri dari dari jajaran Kodim 0315 kabupaten Bintan berjumlah 60 orang, dari masyarakat setempat kurang lebih 50 orang," ujaranya.