Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Cara Sederhana Menghindari Anak dari Hidung Tersumbat
Oleh : Redaksi
Sabtu | 24-12-2016 | 12:14 WIB
Hidung-Tersumbat1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi hidung tersumbat. (Foto: Tempo.co)

BATAMTODAY.COM, Batam - Musim penghujan identik dengan dingin dan flu. Bayi yang baru lahir sangat sensitif dengan cuaca dingin. Bayi membutuhkan perawatan ekstra selama musim hujan ini. Untuk hidungnya yang tersumbat karena flu mendera, nasal drop atau obat tetes hidung, hendaknya selalu tersedia di rumah. Namun jika tidak ada, Anda pun dapat membuat sendiri di rumah.

 

Seperti kita ketahui, bayi baru lahir masih sangat lemah, karena sistem kekebalan tubuhnya belum cukup kuat. Hal inilah yang membuat bayi rentan terhadap berbagai penyakit. Sebagai orang tua, Anda perlu mengambil langkah-langkah tertentu untuk memastikan bayi tetap sehat terhindar dari flu dan dingin yang mengigit.

Ayah dan Bunda dapat membuat larutan nasal drop sederhana di rumah untuk membebaskan hidung bayi yang tersumbat. Begini caranya:

#Bahan:
1 gelas air hangat
1 sdm garam

#Cara membuat:
Panaskan air
Tambahkan garam, aduk hingga garam larut

#Cara pengobatan:
Gunakan larutan ini sebagai obat tetes.
Teteskan 2 tetes larutan ke dalam lubang hidung bayi.
Proses ini dapat diberikan 1-2 kali sehari, sampai gejala reda.

Larutan ini dikenal sebagai larutan Natrium Chlorida (NaCl)/ Nasal Dropper. Inilah larutan yang sangat aman diberikan kepada bayi yang baru lahir untuk mencegah kedinginan dan hidung tersumbat akibat dingin atau flu. Larutan ini tidak beracun dan dapat menjaga bayi agar terhidrasi dengan baik. Campuran air hangat dan garam ini dikenal sebagai infant nasal saline yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan lapisan mukosa pada saluran pernafasan bayi, sehingga dapat mengurangi sumbatan.

Larutan garam ini juga dapat membunuh mikroba yang bisa menyebabkan pilek atau flu pada bayi, sehingga baik untuk mencegah penyakit flu. Selain aman untuk bayi, larutan ini juga dapat digunakan untuk orang dewasa.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha