Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Mudik Natal, KSOP Tanjungpinang Cek Kesehatan Perwira Kapal
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Jum'at | 23-12-2016 | 18:26 WIB
cek-kesehatan-perwira-kapal.gif Honda-Batam

Tim Medis dari Karantina Kesehatan Pelabuhan Sri Bintan melakukan tes kesehatan kepada seluruh perwira kapal antar pulau (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjungpinang, telah melakukan tes kesehatan terhadap seluruh perwira-perwira kapal angkutan, menjelang mudik Natal dan Liburan Sekolah. 

Kepala Pos Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Sutoyo, mengatakan pada hari ini pihaknya telah melakukan tes kesehatan kepada seluruh perwira kapal yang terdiri dari Nahkoda, Masinis, dan Chief Engineer. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan selama dua hari.

"Pengecekan kesehatan ini dilakukan demi keselamatan penumpang menjelang Natal dan Tahun baru," ujar Sutoyo saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Jumat (23/12/2016).

Sutoyo menjelaskan, dalam pemeriksaan dan pengecekan kesehatan ini, dilakukan kepada 20 kapal tujuan antar pulau di wilayah Provinsi Kepulauan Riau‎ dan dalam pengecekan kesehatan itu, juga dibantu oleh tenaga medis dari Karantina Kesehatan Pelabuhan Sri Bintan.

"Dalam pengecekan kesehatan ini dilakukan oleh dua dokter dari Karantina Kesehatan Pelabuhan SBP Tanjungpinang," katanya.

Tujuan dilakukan pengecekan kesehatan untuk seluruh perwira-perwira kapal ini dilakukan, supaya tidak terjadi Human Error. Artinya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan supaya dapat menjaga keselamatan para penumpang kapal antar pulau tersebut.

"Pada intinya, pengecekan kesehatan ini dilakukan agar tidak terjadi Human Error bagi seluruh penumpang," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan kelaikan kapal. Apabila tidak memenuhi seluruh persyaratan, maka tidak diperbolehkan untuk beroperasi, karena dikhawatirkan mengganggu keselamatan pelayaran dan penumpang.

Ia juga memperkirakan, pada liburan panjang Natal dan Tahun Baru nanti akan terjadi lonjakan penumpang. Pihaknya akan terlebih dahulu berkoordinasi dengan operator kapal untuk penambahan armada atau menambah jam operasi.

"Untuk itu kita akan berkoordinasi dulu ke pihak operator. Apakah penambahan jam operasi kapal atau armada kapal," pungkasnya.

Editor: Udin