Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meski Terancam Mangkrak, Dinas PU Bintan Tetap Optimis Jalantim Bintan Rampung Akhir Desember
Oleh : Ismail
Kamis | 22-12-2016 | 19:50 WIB
Jalan-Jalantim-Bintan.gif Honda-Batam

Kadis PU Kabupaten Bintan, Juni Rianto optimis pembangunan Jalan Lintas Timur (Jalantim) Bintan tahap pertama akan rampung pada akhir Desember 2016. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kendati terancam mangkrak dan tidak akan siap sesuai masa pengerjaan kontrak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bintan, Juni Rianto, mengaku tetap optimis pembangunan Jalan Lintas Timur (Jalantim) Bintan tahap pertama akan rampung pada akhir Desember 2016.

"Target dari kami kepada kontraktor tanggal 27 Desember harus selesai," ungkapnya saat ditemui di kawasan Toapaya, Kamis (22/12/2016).

Diterangkan Juni, saat ini pengerjaan pembangunan jalan lintas timur tahap pertama sepanjang 7,4 km dengan lebar 20 meter sudah mencapai 90 persen. Pembangunan tersebut, dikerjakan oleh 4 kontraktor yang membuka jalan, menimbun, serta aspal jalan sepanjang 1,5 kilometer.

Untuk penimbunan dan pembukaan jalan yang dimulai dari Jalan Nusantara Batu 23 sudah menembus Jalan Korindo. Namun, lanjut Juni, ada beberapa kendala dalam pengerjaannya. Yakni, faktor cuaca dan faktor alam.

"Beberapa waktu kemarin hujan. Jadi, faktor itu menjadi salah satu kendalanya. Tapi, sekarang cuaca sudah cerah, makanya pengerjaannya kami kebut," kata Juni.

Sedangkan faktor alam, menurut Juni, pada proses membuka jalan, ada beberapa lokasi yang ditemui batu besar. Hal tersebut juga menjadi kendala yang dihadapi di lapangan.

"Solusi masalah batu besar itu yang masih dicari akar permasalahannya. Pihak kontraktor bahkan sudah memanggil ahlinya. Tapi belum bisa dipecahkan," terang Juni.

Juni menambahkan, awal minggu nanti, pengerjaan Jalan Lintas Timur sudah mulai masuk tahap pengaspalan dengan jarak 1,5 kilometer. Namun, dalam pengerjaannya nanti, tidak langsung diaspal dengan lurus. Tapi, ditentukan titik lokasi timbunan yang sudah matang untuk diaspal. Hal tersebut dilakukan, agar pengaspalan tidak rusak.

"Jadi tidak lurus 1,5 kilometer. Tapi kita bagi lokasi yang diaspal. Sesuai dengan tingkat kematangan timbunan," tutupnya.

Pembangunan Jalan Lintas Timur tahap pertama sudah dilaksanakan sejak Oktober lalu. Dalam pembangunan tahap awal tersebut untuk penggunaan dananya dari APBNP 2016 sebesar Rp 50 miliar.

Editor: Udin