Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tour d'Indonesia 2011

Empat Pembalap Terjatuh Jelang Garis Finis
Oleh : sn
Selasa | 04-10-2011 | 09:56 WIB

CIAMIS, batamtoday - Pada hari kedua penyelenggaraan Tour d'Indonesia 2011 terjadi insiden yang menyebabkan empat pembalap cedera. Panitia segera menyelidiki penyebabnya.

Insiden terjadi sekitar 10 meter menjelang garis finis di etape kedua Bandung-Ciamis, Senin (3/10/2011) siang WIB. Empat pembalap yang terjatuh adalah Andri Prawata (Telkom Cycling Club), Purnama Kasih Idris (Binong Baru Club Pessel), Edmund Holland (Eddy Hollands Bicycle Services) dan rekan setim Edmund.

Menurut penjelasan Berkenbosch Maint, pembalap asal Global Cycling Team, ada salah satu pembalap Jerman yang terjatuh di tikungan dekat garis finis karena menghindari sebuah papan di pinggir jalan. Hal itu menyebabkan pembalap lain terjatuh.

"Kecelakaan 10 M menjelang finis. Saya sudah melihat rekamannya dari salah satu kamera wartawan TV. Ada beberapa pembalap yang sudah finis terlihat di tayangan itu, kami melihat 1 pembalap jatuh. Apa dan kenapa, kami akan cari tahu lebih lanjut karena saat ini kami terhadang keterbatasan alat," ujar Race Director Erwin Anwar, kepada wartawan.

"Secara garis besar, itu murni insiden dan ketika ada yang terjatuh, para pembalap di belakang dengan kecepatan tinggi tak mampu menghindarinya. Apalagi trek agak menurun menjelang finis, jadi kecepatan jadi lebih tinggi," terang Erwin.