Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gubernur Ingin Mahasiswa Gali Potensi Enterpreneurship
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 12-12-2016 | 09:38 WIB
nurdinenterprenermahasiswa2.jpg Honda-Batam

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat memotivasi para mahasiswa agar lebih berjiwa enterpreneur. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun mengajak seluruh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kepri untuk jeli melihat dan mengembangkan potensi laut yang dimiliki Kepri dalam membangun Ekonomi Maritim.

"Jangan Berkecil hati jadi anak pulau, anak petani ataupun anak Nelayan, tapi Adik-adik harus jeli dan banyak belajar untuk menangkap potensi ekonomi Maritim yang kita miliki, dan kan kita kembangkan di Kepri," ujar Nurdin Basirun saat membuka seminar nasional bertema, "Mmembangun Ekonomi Kepri dengan Potensi Maritim" di aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Kepri Dompak, Tanjunpinang, Sabtu (10/12/2016).

Di dalam diri masing-masing mahasiswa, tambah Nurdin, ada potensi menjadi pemenang serta penggerak roda perekonomian di Kepri ini. Anak-anak dan mahasiswa di Kepri, tambah Nurdin, akan dapat menjadi pemenang karenakan Kepri memiliki kekayaan sumber daya kelautan diberbagai sektor yang menjadi keuntungan dan yang harus terus digali.

Seminar ini sendiri, dihadiri mahasiswa yang tergabung dalam 10 perguruan tinggi negeri dan swasta di kota Tanjungpinang yang mengundang narasumber dari Guru besar internasional islamic university Malaysia-Kuala Lumpur Prof. DR. Ir. Maizirwan MEL,MSC dan praktisi maritim Capt. Rodhial Huda.

Adapun tujuan terselenggarakannya seminar ini adalah untuk memperluas dan membangun pemikiran, jiwa maupun mental mahasiswa untuk memahami peluang maupun potensi-potensi pembangunan perekonomian yang berada di kepri terutama dalam bidang maritim di Kepulauan Riau.

Sebagaimana diketahui bahwa Kepri adalah pusat strategis perdagangan dengan wilayah 96% lautan dan berbatasan dengan negara tetangga.

"Kita harus memiliki jati diri, harus percaya diri. Jangan takut bersaing, kita tau orang Indonesia mempunyai mental pemenang dalam bersaing. Konsep saya mengajak anak-anak Kepri terus berprestasi, bersaing dan mampu bersanding. Inilah yang nantinya menjadi penerus kita dalam membangun perekonomian," sambung Nurdin.

Antusiasme Mahasiswa pada kesempatan ini sangat tinggi. Terlihat dari awal diperkirakan hanya 1500 kursi namun kenyataannya dilapangan jumlah mahasiswa yang hadir melampaui batas kursi yang di sediakan.

Diakhir sambutannya Nurdin berpesan kepada peserta seminar untuk mengubah pola pikir yang ada selama ini.

"Bahkan Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah hanya penyumbang 20% pembangunan ekonomi dan 80% adalah pengusaha. Makanya kita harus ubah mindset kita, selalu jadikan ancaman sebagai peluang, saya juga meminta adik-adik jangan memaksakan diri harus menjadi PNS. jadilah seorang pengusaha dan buka peluang lapangan kerja," tutup Nurdin.

Editor: Dardani