Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manuver

Tak Ada Anggaran, Tetap Rekrut Pegawai Honor Baru
Oleh : Ismail
Selasa | 06-12-2016 | 08:00 WIB
ribuan-pelamar-mengantre.gif Honda-Batam

Ribuan pelamar banjiri Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bintan Sejak dibukanya penerimaan tenaga honorer di Pemerintah Kabupaten Bintan (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kendati alokasi anggaran APBD Bintan 2017, dinyatakan tidak mengalokasikan dana untuk penggajian pegawai honorer. Anehya, Pemerintah Kabupaten Bintan tetap melakukan penerimaan tenaga honorer. Karuan, lowongan ini pun diserbu ribuan pelamar di Kantor BKD Bintan, Pusat Pemerintahan Bintan, Kawasan Bintan Buyu, Senin,(5/12/2016).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Kekayaan Daerah (DPPKD) Bintan, Adi Priantara mengatakan, mengenai ketersediaan dana gaji dan biaya operasional rutin honorer yang direkrut BKD Bintan saat ini, alokasi dananya di APBD 2017 masih dibahas. Tapi, tidak ada penambahan anggaran untuk gaji dan operasional tenaga honorer baru di Kabupaten Bintan.

Adi Priantara melanjutnya, akibat alokasi belanja untuk tenaga honorer yang ada saat ini direncanakan akan dikurangi dalam rangka effisisensi anggaran. Sejumlah pegawai honorer yang sebelumnya direkrut, juga terancam diberhentikan.

"Tidak ada itu (penerimaan honorer baru, red). Bahkan, yang ada saja mau dikurangi," ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD Bintan, Senin (5/11/2016).

Menurut Adi, penerimaan tenaga honorer yang dilaksanakan di BKD saat ini hanya sebatas daftar ulang tenaga honorer lama yang diverifikasi belum lama ini. Jika tenaga honorer lama ada yang tereleminasi, kekosongan tersebutlah nantinya yang akan diisi oleh pelamar jalur umum.

"Tenaga honorer lama diseleksi kembali. Takutnya kan, yang lama itu namanya ada, tapi orang tidak pernah masuk kantor," terang Adi.

Ditambahkan Adi, pada tahun 2017, pihak DPPKAD hanya mengalokasikan dana untuk penerimaan petugas pajak sebanyak 15 orang. Namun, ditegaskannya, penerimaan tersebut hanya untuk instansinya yang dikelolanya.

"Kalau secara keseluruhan, tidak ada alokasi APBD yang dianggarkan untuk penerimaan tenaga honorer baru itu," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kabid Mutasi BKD Bintan, Ami Rofian mengakui bahwa pihaknya belum bisa memastikan jumlah honorer yang akan diterima dalam tahap penyeleksian. Karena, anggaran penerimaan honorer baru masih dalam pembahasan pada APBD 2017. Setelah rampung, lanjutnya, baru bisa diketahui jumlah tenaga honorer baru yang akan diterima di Pemerintah Kabupaten Bintan.

"Saat ini kami hanya menerima pendaftaran hingga tahap test tertulis saja. Setelah pembahasan tersebut rampung nanti, baru kita tarik benang merah (sistem rangking) yang lulus tes tertulis," imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BKD Bintan, jumlah tenaga honorer di lingkup Pemerintahan Bintan berjumlah sekitar 700 orang. Sementara dalam pembahasan APBD 2017, tidak dianggarkan alokasi dana untuk penambahan tenaga honorer baru

Editor: Dardani