Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan Lingga KEK, Bupati Temui Dirjen SDA Kemen PU dan PR
Oleh : Nurjali
Senin | 05-12-2016 | 17:02 WIB
wellodijakarta.jpg Honda-Batam

Bupati Lingga saat rapat di Dirjen SDA. (Foto: Humas Lingga)

 

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Keinginan menjadikan Kabupaten Lingga menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki, Bupati Kabupaten Lingga Alias Wello menemui Direktorat Jenderal (Dirjen) Irigasi dan Rawa, di Direktorat Jenderal Sumber daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU dan PR) di Jakarta, Senin (5/12/16).

 

Dalam pertemuan itu, Bupati Lingga memaparkan berbagai potensi sumber daya air yang sangat strategis di Kabupaten Lingga namun belum mampu terkelola dengan baik, mengingat dua wilayah Kabupaten lingga terdapat kawasan pegunungan.

"Pengelolaan sumber daya air ini, masih terkelola secara pribadi, sehingga perlu sinkronisasi, signifitas dan perhatian khusus dari pihak-pihak terkait," ujarnya.

Hal ini sangat beralasan. APBD lingga tahun ini sangat kecil, sehingga dari sawah yang saat ini sudah dibuka sebesar 300 Ha, dengan anggaran pribadi ini perlu perhatian khusus.

Bupati berharap di tahun 2017 mendatang ada anggaran tambahan dari pemerintah pusat, baik itu untuk pengelolaan sumber daya air maupun pengelolaan sawah dari program PPSUS yang saat ini sudah tercetak seluas 300 Ha.

Bupati Lingga disambut oleh Dirjen Irigasi dan Rawa, Adang Saf Ahmad. Bupati Lingga juga di dampingi oleh wakil Bupati Lingga, Asisten I, II dan III kepala Bappeda Kabupaten Lingga, Kepala Dinas Kehutanan dan perkebunan dan Kasubag Humas Setdakab Lingga.

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Kabupaten Lingga Muhammad Ishak menyampaikan dalam kesempatan ini, ke depan program persawahan ini sangat perlu di dukung oleh Infrastruktur pendukung seperti Listrik dan dan lain sebagainya.

"Potensi Lingga juga sangat strategis untuk dikembangkan, karna dekat dengan negara tetangga," sebutnya.

Sebagai satu-satunya kabupaten yang melakukan terobosan persawahan ini di Provinsi Kepri, maka Lingga sangat potensial untuk tempat investasi baru bagi pengusaha. Kawasan Agrominapolitan yang sudah di canangkan tersebut, harus benar-benar di dukung agar mendapat kemajuan yang signfikan.

Setelah mendengar paparan Bupati Lingga Alias Wello itu, Direktur Irigasi dan Rawa Adang Saf Ahmad mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah di wacanakan oleh pemerintah kabupaten lingga.

Semangat dan kerja keras para pejabat di Lingga ini nantinya akan di wujudkan dengan menjalin kerjasama dengan kementerian terkait dalam hal ini menteri pertanian.

"Semangat yang tinggi dan kerja keras bupati ingin memajukan daerah ini, pantas kita apresiasi, kedepan kita akan koordinasi dengan mentan untuk mewujudkan infrastruktur tersebut," sebutnya.

Editor: Dardani