Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pramuka Wadah Pembentukan Karakter Anak Bangsa
Oleh : Habibie Khasim
Sabtu | 26-11-2016 | 16:28 WIB
Sayhrul-lantik-pramuka.gif Honda-Batam

Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, kukuhkan Pramuka Garuda di RRI Tanjungpinang, Jumat (25/11/2016).(Sumber foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Walikota Tanjungpinang, Syahrul, dianggap sebagai Bapak Pramuka Tanjungpinang. Pasalnya, dedikasinya yang tinggi terhadap Pramuka memang patut diacungi jempol. Melalui Pramuka, kata Syahrul, karakter positif pada generasi muda akan terbentuk.

"Sikap hidup seperti gotong-royong, cintah kasih, Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela menolong, itulah karakter bangsa yang semuanya ada di dalam Dasa Dharma Pramuka. Maka dari itu, kegiatan Pramuka dapat membentuk karakter anak menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri," ujar Syahrul saat di wawancarai usai membuka Lomba Tingkat II Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Bukit Bestari sekaligus pengukuhan Pramuka Garuda di RRI Tanjungpinang, Jumat (25/11/2016).

Syahrul selaku Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tanjungpinang tersebut mengatakan, lomba ini untuk menguji kemampuan dan kecakapan anggota Pramuka, nantinya anggota Pramuka yang terpilih akan mewakili Kecamatan Bukit Bestari pada Lomba Tingkat III yang akan dilaksanakan Februari tahun depan.

Dalam kegiatan tersebut akan menjadi suatu proses pendidikan yang dikemas dalam kegiatan menarik, menyenangkan yang dilakukan di alam terbuka. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk bahwa Pramuka sangat tepat menjadi salah satu wadah untuk membentuk karakter dan mencerdaskan generasi anak bangsa.

Syahrul mengimbau kepada Majelis Pembimbing Pramuka Tanjungpinang agar terus bersinergi dengan Pembina Pramuka untuk menggalakkan dan membangkitkan kegiatan pada Gugus Depan masing-masing di Tanjungpinang.

Syahrul juga mengharapkan, anggota yang baru saja dikukuhkan sebagai Pramuka Garuda, agar memberi contoh bagi teman-teman lainnya. Sehingga seluruh anak di Tanjungpinang berkarakter unggul.

"Saya yakin, kalian adalah generasi yang cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tunjukkan prilaku yang arif dan bijaksana, jayalah pramuka," tutup Syahrul

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 112 anggota Pramuka tingkat Penggalang dari Gugus Depan Kwarran Bukit Bestari. Mereka akan diuji kratifitas dan kemampuannya selama 3 hari (25-27 November 2016).

Editor: Udin