Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Apri Targetkan Tahun 2019 Setiap Warga di Bintan Terdaftar BPJS
Oleh : Ismail
Jum'at | 25-11-2016 | 19:02 WIB
Apri-Sujadi.gif Honda-Batam

Apri meninjau UPTD Puskesmas Kuala Sempang, Kecamatan Sri Kuala Lobam, Kamis (24/11/2016)(Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan, Apri Sujadi menargetkan, pada tahun 2019 mendatang seluruh masyarakat Kabupaten Bintan sudah terdaftar sebagai pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Menurutnya, salah satu komitmen Pemkab Bintan adalah memberikan kemudahan pelayanan bidang kesehatan kepada masyarakat. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, pihaknya terus berbenah diri memperbaiki kekurangan-kekurangan yang menjadi faktor penghambat.

"Wujud komitmen itu sudah mulai digesa, mulai dari pendataan masyarakat yang belum memegang kartu BPJS hingga pedataan jumlah peserta BPJS yang sudah terdaftar di wilayah Bintan," ungkap Apri.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Apri, agar tidak terjadi ketimpangan pemegang kartu BPJS yang telah melakukan pendaftaran secara pribadi.

Tak hanya itu, Ketua DPD Partai Demokat Kepri ini juga optimis, menjelang awal tahun 2017, masyarakat Bintan yang belum terdaftar BPJS akan segera didaftarkan melalui Pemkab Bintan. Upaya tersebut akan terus digalakkan, sehingga warga Bintan sudah merata menjadi member BPJS Kesehatan sampai tahun 2019.

Selain itu, Apri menerangkan, wujud pelayanan kesehatan yang dilakukan Pemkab Bintan tidak hanya pada proses kartu BPJS saja. Tapi, pelayanan tersebut juga akan didukung dengan ketersediaan tenaga perawat serta peralatan penunjang kerja setiap Puskesmas.

"Kita tidak mau nantinya seluruh masyarakat Bintan telah terdaftar sebagai pemegang kartu BPJS, tapi malah Puskesmas tidak dapat melayani pasien secara maksimal," katanya.

Untuk itu, dirinya kerap melakukan kunjungan ke Puskesmas di wilayah Bintan, guna menerima setiap keluhan yang datang dari tenaga medis setempat.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari BPJS Tanjungpinang, untuk tahun 2016 jumlah penduduk Kabupaten Bintan yakni 141.415. Sementara yang terdaftar peserta BPJS berjumlah 84.088. Dengan begitu, sekitar 57.327 belum terdaftar menjadi anggota BPJS.

Editor: Udin