Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dokter Kecil Latih Karakter Anak
Oleh : Habibie Khasim
Jum'at | 25-11-2016 | 17:14 WIB
pelatihan-dokter-kecil.gif Honda-Batam

Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mengadakan pelatihan dokter kecil untuk siswa-siswi tingkat SD se-Kota Tanjungpinang (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mengadakan pelatihan dokter kecil untuk siswa-siswi tingkat SD se-Kota Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan bahwa pelatihan ini sebagai salah satu upaya menggerakkan siswa-siswi yang memenuhi kriteria dan terlatih dalam peningkatan kesehatan diri dan lingkungan sekolah. Dia juga mengatakan, pelatihan ini tentunya akan melatih karakter siswa yang lebih disiplin dalam menjaga kesehatan.

"Dalam pelatihan ini, peserta didik akan mendapatkan transfer ilmu pengetahuan dari tenaga kesehatan untuk dijadikan bekal sebagai dokter kecil di sekolah mereka masing-masing, agar mereka bisa hidup bersih, sehat, dan selalu menjaga lingkungan sekitar mereka," tutur Rustam.

Materi yang akan diberikan untuk para dokter kecil ini, lanjut Rustam, meliputi perilaku hidup bersih dan sehat, kesehatan mulut dan gigi, penyakit menular dan kesehatan lingkungan, jajanan yang sehat dan makanan bergizi, serta Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Pelatihan Dokter Kecil diikuti sebanyak 144 siswa yang berasal dari SD/MI se-Kota Tanjungpinang, mereka terbagi dalam 2 angkatan. Angkatan pertama dari SD di Kecamatan Tanjungpinang Timur dan Tanjungpinang Kota, mulai 25 sampai 26 November, sedangkan angkatan kedua dari SD di Kecamatan Bukit Bestari dan Tanjungpinang Barat pada 28 sampai 29 November mendatang.

Terkait hal ini, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, mengaku sangat bangga dengan para dokter kecil. Pasalnya, meskipun masih di tingkat SD, mereka berani dan telah menjadi pelopor kesehatan di Tanjungpinang.

Untuk itu, Lis mengingatkan kepada para dokter kecil, untuk selalu menjaga kesehatan diri dan lingkungan,

"Kalian harus memelihara kesehatan diri lebih dulu, lalu menjaga dan memelihara lingkungan agar tetap sehat, baik di sekolah maupun lingkungan rumah, apa yang disampaikan nanti dicatat, kemudian dipraktekkan, anak-anak dipercaya dan diberi tugas untuk memberitahu teman-teman untuk menjaga kesehatan," tutur Lis.

Editor: Udin