Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ansar Lepas JCH Asal Bintan
Oleh : Charles/Dodo
Rabu | 28-09-2011 | 19:20 WIB
Bupati_Ansar_Ahmad_menyerahkan_bantuan_kepada_jemaah_calon_haji_kabupaten_Bintan_di.jpg Honda-Batam

Bupati Bintan Ansar Ahmad menyerahkan bantuan kepada jemaah calon haji kabupaten Bintan Wisma Karya Antam Kijang, Rabu,28 September 2011

TANJUNGPINANG, batamtoday - Bupati Ansar Ahmad melepas 93 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bintan dan memberikan bantuan saat digelarnya pelaksanaan manasik haji di Wisma Karya Antam Kijang Rabu (28/9/2011).

Dari 93 jamaah Calon Haji bintan, 29 orang diantaranya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bintan yang pemberangkatanya akan diatur Pemkab Bintan, sementara 10 PNS lainya  pemberangkatannya akan dilakukan melalui Pemerintah Kota Tanjungpinang karena berdomisili di Tanjungpinang. 

Ansar mengatakan untuk membantu meringankan seluruh JCHm sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Bintan akan memberikan bantuan dalam bentuk penggantian biaya lokal menurut kebutuhan pemberangkatannya.

Total dana bantuan yang berikan Rp190.122.000, dan untuk yang berangkat dari wilayah pelabuhan Sri Bay Intan Kijang akan langsung diberikan pada masing-masing JCH sebesar Rp1.425.000. Sedangkan yang berangkat melalui wilayah pelabuhan Tanjung Uban sebanyak 22 orang diberikan masing-masing jemaah sebesar Rp1.205.000. 

Pemberian bantuan ini sebagai penggantian biaya lokal termasuk bantuan biaya kesehatan dalam bentuk pemeriksaan kesehatan jamaah, suntikan meningitis dan influenza untuk masing-masing JCH sebesar Rp679 ribu. 

"Perjalanan haji, merupakan perjalanan yang suci yang memberikan makna yang mendalam dan kesan hidup tersendiri bagi seorang muslim. Haji juga merupakan perjalanan air mata bagi setiap insan karena setiap insan yang ke sana pasti meneteskan air mata” kata Ansar. 

Dalam kesempatan itu, Ansar juga berpesan agar setiap Jamaah Calon Haji, benar-benar mempersiapkan diri, meluruskan niat dengan tulus dan ikhlas,mempersiapkan fisik, mental termasuk keuangan serta pengetahuan yang cukup. 

"Hendaknya JCH melaksanakan haji sebaik-baiknya semata-mata karena Allah SWT, dapat menjaga citra bangsa Indonesia yang santun, sabar, dan ringan tangan, saling membantu, mengikuti aturan yang berlaku yang telah distandarkan baik oleh Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Saudi Arabia, Banyak bersedekah dan selalu menjaga kesehatan serta dapat lebih berhati-hati dan terus menjaga kekompakan," tambah Ansar.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan Edi Yusri, mengatakan manasik haji bagai JCH Bintan itu akan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 28 s/d 29 September 2011 mendatang.

"Tujuan dari kegiatan ini, untuk menambah pengetahuan, wawasan, bimbingan dan praktek langsung sehingga para jemaah calon haji memahami tata cara pelaksanaan ibadah haji," kata dia.

Tercatat dari seluruh Jamaah calon haji, calon haji tertua adalah Muhammad Tahir Ali dengan umur 81 tahun dari Kecamatan Bintan Utara serta satu orang perempuaan bernama Barizah bin Arifin dengan umur 75 tahun dari Bintan Timur. Sedangkan jemaah haji termuda adalah Rusli bin A.Rauf Ahmad dengan usai 33 tahun, dari Kecamatan Bintan Pesisir, serta satu orang perempuaan bernama Dian Restiyani binti Kusno umur 34 tahun dari Bintan Timur. 

Kepala Departemen Agama Kabupaten Bintan Arusman Yusuf mengatakan, sesuai dengan ketetapan Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH), maka Kabupaten Bintan, akan bergabung dengan Kota Batam, Tanjungpinang dan Lingga pada kloter 4, yang pemberangkatannya dilakukan pada Rabu (5/10/2011) sekitar pukul 10.00 WIB medatang. 

"Kami juga berharap, satu hari sebelum pmberangkatan, hendaknya seluruh JCH Kabupaten Bintan sudah berada di Asrama Haji Batam," pungkasnya.