Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

70 Persen Diikuti Peserta Dalam Negeri

Sebanyak 3.300 Atlet Ikut Reebok Spartan Race Bintan 2016
Oleh : Harjo
Sabtu | 19-11-2016 | 13:38 WIB
pelari-di-Bintan.gif Honda-Batam

Pelepasan peserta Spartan Race Bintan di Lagoi Bay (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sebanyak 3300 atlit dari dalam dan luar negeri ambil bagian dalan ajang Spartan Race 2016 yang dilaksnakan selama dua hari (19-20/11/2016) di Lagoi Bay Kawasan Pariwisata Lagoi (KPL) Bintan.

Abdul Wahab, General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) di Lagoi Bay kepada sejumlah media menyampaikan, event Spartan Rece untuk pertama kali dilaksanakan di Bintan dan diikuti oleh 3300 peserta yang terdiri dari dua kategori. Kategori dengan jarak tempuh 21 Kilometer dan 17 Kilometer dengan berbagai bentuk halang rintang.

"Event Spartam Race telah ada di 25 negara, di mana untuk pelaksnaan di Bintan adalah hasil dari finalis dari pelaksanaan yang sebelumnya dilaksanakan di Malaysia dan Singapura," ujarnya.

Kedepan Wahab berharap, pelaksanaannya akan bisa dipusatkan di Bintan. Melalui sejumlah promosi-promosi untuk menunjang pelaksanaanya. Walaupun untuk melaksanakan event ke depan agar bisa lebih maksimal, membutuhkan jumlah kamar yang lebih banyak agar bisa menampung para peserta.

"Untuk mendukung pelaksanan event yang lebih pesertanya, dibutuhkan fasilitas kamar yang lebih banyak lagi. Saat ini, baru ada sekitar 1500 kamar yang ada di Bintan Resort, namun pihak pengelola terus mengembangkan agar jumlah kamar terus meningkat atau bertambah dan menargetkan hingga 4500 kamar," ujarnya.

Lebih jauh Abdul Wahab menjelaskan, dalam pelaksanaan Spartan Race tahun ini, dari 3300 peserta yang ambil bagian datang dari berbagai negara itu, ada sebanyak 70 persen peserta berasal dari dalam negeri atau lokal.

"Kita akan terus meningkatkan promosi untuk meningkatkan kunjungan melalui event internasional, selain terus memacu pembangunan guna memperbanyak kamar, sebagai fasilitas pendukungnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira , dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kunjungan pariwisata terus didukung oleh Pemkab Bintan.

Adapun bentuk dukungan tersebut diantaranya melalui pameran serta pentas budaya lokal, baik melalui tarian khas Melayu dan kreasi lainnya. Karena pelaksanaan event seperti Spartan adalah destinasi yang sangat luar biasa.

"Ke depan pelaksanaan Spartan Race akan terus dilaksanakan di Bintan dengan skala yang lebih besar lagi. Karena efek domino dari event yang ada di Lagoi, memberikan dampak terhadap masyarakat yang ada di sekitar kawasan pariwisata Lagoi," katanya.

Dalam acara pembukaan dan pelepasan peserta Spartan ini, dihadiri langsung oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Frans Gunara Direktur BRC Lagoi, serta sejumlah kepala SKPD Bintan dan  Provinsi Kepri serta pimpinan  pengelola yang ada di KPL Bintan.

Editor: Udin