Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PLP Tanjunguban Bantu Padamkan Kebakaran MT Nona Tang II
Oleh : Harjo
Kamis | 17-11-2016 | 11:14 WIB
PLP-Tanjunguban1.jpg Honda-Batam

Kapal milik pangkalan PLP Tanjunguban saat mematikan api yabg membakar kapal MT Nona Tang II di Batam. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjunguban, terlibat langsung dalam misi pemadaman kebakaran kapal tanker MT Nona Tang II berbendera Indonesia milik PT Petro Energi Samudera (PES) di dermaga 89, perairan depan Pantai Stres, Batuampar Batam, Rabu (16/11/2016).

Kepala bagian operasi Pangkalan PLP Tanjunguban, Sugeng Riyono kepada BATAMTODAY.COM menyampaikan sekitar jam 14.00 wib, pihaknya mendapat informasi dan laporan dari Kabid Kesyahbandaran Kanpel Batam bahwa telah terjadi kebakaran kapal MT. NONA TANG II berbendera Indonaia milik PT Petro Energi Samudera (PES) di Dermaga 99 Pantai Stress Batam.

"Pangkalan PLP Tanjunguban langsung mengirimkam 2 armada kapal patroli KN Sarotama dan KN Rantos untuk melakukan bantuan pemadaman atas terbakarnya kapal MT Nona Tang II. Api berhasil dipadamkan oleh Tim Fire KN Sarotama P 112 dan KN Rantos P 210 sekitar jam 15.00 wib," terangnya.

Dari hasil penyelidikan awal diketahui, penyebab kebakaran dan ledakan kapal diduga karena pekerjaan perbaikan kapal dengan pengelasan. Akibat kebakaran tersebut diketahui 1 korban meninggal dunia dan tiga korban mengLami luka berat dan ringan yakni Joko, Wardi dan Abdullah. Sementara kondisi kapal sebagian besar hangus terbakar.

"Pada saat melaksanakan pengelasan pipa tiba-tiba terjadi ledakan yang dimungkinkan berasal dari sisa gas yg berada didalam pipa saat pengerjaan kapal," tambahnya.

Pada saat kejadian 4 orang sedang melaksanakan pekerjaan, akibat dari ledakan yg cukup keras satu orang terlempar hingga kurang lbh 100 meter. Sehingga 1 korban meninggal, 1 orang berhasil ditarik dalam kondisi kritis oleh dua orang rekannya yang juga mengalami luka bakar.

Editor: Yudha