Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nasdem Tak Kunjung Usulkan Cawagub

Nurdin Basirun Dituding Tahan Pengajuan Wagub Kepri ke DPRD
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 15-11-2016 | 19:14 WIB
kursi-Wagub-Kepri.gif Honda-Batam

Ilustrasi kandidat yang akan mengisi kursi Wagub Kepri (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejumlah partai pengusung Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, almarhum HM. Sani-Nurdin Basirun (Sanur), geram terkait lambannya pengusulan dari Partai Nasdem.

Setelah sebelumnya sempat didesak untuk segera menetapkan dan mengajukan nama calon wakil gubernur yang diusung masing-maaing partai pengusung ke Gubernur, saat ini justru Nasdem, partai yang dipimpin Nurdin Basirun, yang belum mengajukan nama calon yang akan diusung.

Akibatnya, pengurus parpol pengusung menuding, justru Nurdin Basirun yang menahan pengajuan calon wakil gubernur ke DPRD, karenai partai yang dipimpinnya tak kunjung mengajukan nama calon wakil gubernur yang diusung.

"Kemarin 4 parpol pengusung didesak-desak untuk segera mengajukan nama calon wakil gubernur, ternyata saat ini justru Nasdem sendiri yang memperlambat dan belum mengajukan nama calon yang direkomendasi," ujar salah seorang anggota partai pengusung yang meminta namanya tidak dituli, Selasa (15/11/2016).

Lambannya penetapan nama calon Wakil Gubernur yang diusung Partai Nasdem ini, tambah politisi ini, membuktikan manajemen politik dan kepemimpinan Nurdin sebagai Ketua DPW Partai Nasdem Kepri juga kurang bagus, yang berdampak pada parpol pengusung lainnya.

"Dia mendesak-desak orang, parpolnya sendiri nggak beres," ujarnya lagi.

Sementara, pengurus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Kepri, Sarafudin Aluan, mengatakan, kendati PPP dan 3 parpol lainnya telah mengajukan nama calon Wakil Gubernur Kepri ke Gubernur, namun hingga saat ini belum ada pertemuan dari partai-partai pengusung dengan Gubernur Nurdin Basirun yang juga sebagai ketua DPW Nasdem Kepri.

"Dari 4 nama calon Wakil Gubernur yang diajukan 4 parpol, Demokrat, Gerindra, PKB dan PPP yaitu Isdianto, Mustafa Wijaya, Agus Wibowo dan Fauzi Bahar, belum ada pertemuan pembahasan cawagub dari 4 nama itu menjadi 2 nama untuk diajukan," ujarnya.

‎Apalagi, tambah Sarafudin, sampai saat ini, Partai Nasdem yang notabene Ketua DPW-nya adalah Nurdin Basirun, juga belum mengeluarkan rekomendasi nama calon wagub yang diajukan.

"Iya, harapan kami Nasdem dapat segera mengeluarkan rekomendasi nama calon Wagub yang diusung, sehingga konsolidasi dan pembahasan di internal masing-masing Parpol pengusung, untuk menetapkan dua nama calon yang akan disamapaikan ke DPRD dan diproses melalui pemilihan Wagub di DPRD, dapat segera dilaksanakan," ujarnya.

Sarafudin juga menegaskan, PPP sebelumnya telah mengajukan dua nama calon Wakil Gubernur yang diajukan, kedua nama itu adalah Isdianto dan Mustafa Wijaya.

Expand