Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jutaan Wisatawan Indonesia Kunjungi Thailand Tiap Tahun
Oleh : Harjo
Selasa | 15-11-2016 | 10:27 WIB
Harjo1.jpg Honda-Batam

Jutaan Wisatawan Indonesia Kunjungi Tahailand Tiap Tahun. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bangkok - Kunjungan warga Indonesia ke negara Thailand, setiap tahun diperkirakan mencapai angka 2 juta orang. Angka tersebut, menyumbangkan jumlah dari sekitar 45 juta wisatawan secara keseluruhan pertahunnya.

Perkembangan angka kunjungan tersebut terus meningkat, tidak terlepas promosi tempat wisata yang dilakukan oleh Thailand.

Shuadi pemandu wisata (tour guide) kepada BATAMTODAY.COM di Bangkok, selasa (15/11/2016) menyampaikan, wisatawan asal Indonesia setiap waktu memang tidak pernah sepi. Baik yang datang langsung dari Jakarta Bangkok atau transit melalui Singapura.

"Tujuan kunjungan warga Indonesia, biasa ke sejumlah tempat wisata, seperti di Bangkok, Pattaya, Pukket dan daerah lainnya," terang Shuadi yang sudah 10 tahun mengeluti profesinya sebagai pemandu wisata.

Shuadi menjelaskan, untuk memberikan pelayanan kepada seluruh turis mancanegara atau sebagai pemandu wisata, di Thailand memilki lebih dari 200 pemandu wisata yang sudah terlatih serta memahami budaya dari negara asal wisatawan.

"Untuk menjadi pemandu wisata harus terlebih dahulu mendapatkan sertifikasi dari pemerintah yang menangani dunia wisata. Pemandu wisata Thailand, dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan sesuai dengan sertifikasi yang di miliki atau fokus dengan negara tertentu," terangnya.

Editor: Yudha