Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ayo, Nikmati Aneka Acara Menarik di Singapore Media Festival
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-11-2016 | 15:38 WIB
singaporemedia.jpg Honda-Batam

Ada Beragam Acara Menarik di Singapore Media Festival. (Foto: Ist)

 

BATAMTODAY.COM, Singapura - Singapura merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak tempat rekreasi menarik. Bisa dipastikan, Singapura menjadi negara favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Mulai dari wisata belanja, kuliner, edutainment, hingga shopping bisa Anda lakukan di Singapura. Dengan begitu, Singapura berupaya untuk terus mengembangkan pariwisatanya.

 

Menariknya, banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Singapura. Apalagi jika Anda memiliki passion di industri kreatif media. Ini dikarenakan Singapura konsisten menyelenggarakan acara-acara seputar industri kreatif media. Dapat dikatakan jika Singapura merupakan pusat perkembangan industri media.

Hal ini didukung oleh kondisi Singapura yang notabene merupakan negara dengan jaringan yang paling mumpuni. Oleh sebab itu, Singapura pantas dijadikan sebagai lokasi dimulainya layanan media digital terdepan bagi perusahaan media internasional.

Singapura merupakan rumah kedua bagi para pemain media global seperti ESPN, Discovery Asia, BBC World, Walt Disney Television dan Discovery Asia. Belum lagi Namco Bandai dan Ubisoft, tak ketinggalan raksasa media digital seperti Lucasfilm dan Double Negative.

Bahkan, sebanyak 7000 perusahaan media telah masuk ke Singapura dan mendirikan kantor pusat atau kantor cabangnya di sana. Di tahun 2019 belanja digital akan menguasai 50% dari total belanja media. Selain itu, pada tahun 2020, diperkirakan akan ada sekitar 194 juta pengguna internet di negara-negara ASEAN.

Sebagai bentuk dukungannya, berbagai infrasturuktur digital yang canggih sudah tersedia di Singapura. Di samping itu, komposisi penduduk dengan budaya yang beraneka ragam, dan penetrasi teknologi mutakhir telah membuat Singapura menjadi pusat produksi konten global dan Asia. Jika Anda merasa tertarik dan ingin mengetahui pertumbuhan industri media beberapa tahun ke depan, sebaiknya sempatkanlah untuk berkunjung ke event-event yang diselenggarakan oleh berbagai media di Singapura.

Pasalnya pada bulan Desember nanti, Asian story telling akan kembali diselenggarakan di Singapore Media Festival. Dalam event tersebut juga telah disiapkan serangkaian acara yang tak kalah menarik. Berikut ini rangakaian acaranya:

Singapore International Film Festival yang akan diselenggarakan pada 23 November hingga 4 Desember 2016. Sangat sayang jika Anda melewatkan acara ini. Hal ini dikarenakan, Anda dapat menemukan tema-tema dan kisah-kisah yang belum pernah terungkap langsung dari sutradara-sutradara terkenal dan dari para pembuat film yang disajikan lewat tayangan film, diskusi, kelas-kelas khusus, serta obrolan-obrolan singkat.

Asian Television Awards diselenggarakan mulai 1 hingga 2 Desember 2016. Ini merupakan acara industri film yang paling penting dan meriah se-Asia. Akan ditampilkan program-program, produksi dan pertunjukan terbaik dalam acara ini. Tahun 2016 ini, program-program, produksi dan pertunjukan yang terbaik ke-20. Nantinya akan ditampilkan 40 kategori dan 1300 konten yang diterima setiap tahunnya untuk melalui proses seleksi. Konten yang terpilih merupakan representasi dari konten-konten terbaik dari para pelaku industri yang pernah ada di seluruh wilayah.

Asia TV Forum & Market diselenggarakan mulai tanggal 6 hingga 9 Desember 2016. Event ini akan mempertemukan sedikitnya 5000 pembeli dan penjual konten, baik global dan Asia dalam satu platform. Tujuannya untuk membeli, menjual, memproduksi bersama, serta menyiapkan jaringan distribusi. Sebagai sebuah media bagi ekosistem konten hiburan di Asia, acara ini merupakan wadah dibentuknya masa depan konten di Asia yang tidak boleh dilewatkan.

Screen Singapore mulai digelar 7 hingga 9 Desember 2016. Acara ini merupakan tempat bertemunya para industri film, sineas, produser, distributor, donator, dan pembeli film dalam mencari peluang-peluang untuk berproduksi bersama, mencari peluang pembiayaan dan melakukan kesepakatan. Tahun ini, Screen Singapore akan menampilkan Southeast Asia Film Financing Project Market yang akan menghubungkan para sineas dengan investor dan partner untuk melakukan produksi bersama.

Setelah usai mengunjungi berbagai event, Anda bisa menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan di sejumlah tempat menarik di Singapura. Mulai dari pusat hiburan di Clarke Quay, menjelajahi pusat perbelanjaan di Orchard Road, dan mencicipi kelezatan masakan dari juru masak yang telah meraih gelar Michelin Bib Gourmand.

Jadi tunggu apalagi? Ayo segera pesan tiket perjalanan ke Singapura untuk mengikuti perkembangan industri kreatif media di­ event-event tersebut. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai posisi Singapura sebagai pusat perkembangan industri media klik di sini.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Dardani