Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapal Tanker Spottail Muatan Gas dari Singapura Kandas di Pulau Takong Kepri
Oleh : Harjo
Kamis | 03-11-2016 | 19:53 WIB
tankerkandas.jpg Honda-Batam

KN Rantos dan KN RSOP Sambu menjaga kapal tangker Sporttail yang kandas di Pulau Takong Kepri. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Kapal tanker Sporttail asal Marshal Islands bermuatan gas kandas saat melakukan pelayaran dari Singapura menuju laut lepas, tepanya di karang Pulau Takong Kepri, Rabu (2/11/2016).

 

Kepala Bagian Operasi (KBO) Armada KPLP Tanjunguban Sugeng Riyono kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Kamis (3/11/2016) mengatakan, pihak KPLP setelah menerima laporan kandaskan kapal tangker bermuatan gas tersebut dengan titik kordinat Lat 01.07.33 long 103-42.71 E.

Anggota langsung menuju lokasi kandasnya kapal tersebut, karena sampai saat ini kapal tersebut belum bisa di evakuasi dari lokasi kandas. Maka kapal tersebut saat ini, di jaga oleh dua kapal milik KPLP diantaranya KN Rantos P-210 dan KN RSOP Sambu.

"Kemarin kita menerima laporan ada kapal kandas, dua kapal milik KPLP langsung mendatangi lokasi dan hingga saat ini. Masih melakukan penjagaan terhadap kapal tersebut," ungkap Sugeng.

Sugeng menjelaskan dari hasil pemeriksaan awal anggotanya di lapangan, diketahui kapal yang di nakhodai oleh Valeiy Vidrya berkewarganegaraan Ukraina, dari negara Singpura menuju lautan lepas. Namun saat sampai di sekitar pulau Takong Kandas di karang yang ada di pulau tersebut.

"Awak kapal secara keseluruhan termasuk kaptennya berjumlah 22 orang dan dalam keadaan selamat. Kapal yang diketahui berdasaekan sertifikat milik Marshall islands. Hingga saat ini, masih menunggu di tarik dari lokasi kandasnya," terangnya.

Editor: Dardani