Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Astronot Pulang dari Stasiun Antariksa Internasional
Oleh : Redaksi
Senin | 31-10-2016 | 10:14 WIB
Astronot1.jpg Honda-Batam

Tim penyelamat badan antariksa Rusia membantu astronot AS Kate Rubins keluar dari kapsul tak lama setelah mendarat dengan kapsul Soyuz MS milik Rusia sekitar 150 km sebelah tenggara kota Dzhezkazgan, Kazakhstan, Minggu, 30 Oktober 2016.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga astronot telah kembali ke Bumi dengan selamat setelah misi 115-hari dalam Stasiun Antariksa Internasional dimana Kate Rubins dari Amerika menjadi orang yang pertama melakukan “sequence DNA” di antariksa.

Rubins, beserta Takuya Onishi dari Jepang dan Anatoly Ivanishin dari Rusia mendarat Minggu pagi di padang rumput dekat Dzhezkazgan, Asia Tengah.

Setelah mereka dikeluarkan dari kapsul, ketiga astronot itu duduk di padang rumput yang dingin masih di kursi kapsul mereka sementara menyesuaikan tubuh mereka kembali pada kekuatan gravitas setelah hampir empat bulan berada di ruang bebas bobot. Mereka kemudian dibawa ke kemah medis untuk menjalani pemeriksaan.

Dalam misi itu, Rubins dari NASA berhasil melakukan sequence sampel DNA tikus, virus dan bakteri sementara ilmuwan di Bumi secara serentak melakukan sequence sampel yang identik. Badan antariksa Amerika mengatakan eksperimen itu dapat membantu mengidentifikasi mikroba yang berbahaya di stasiun antariksa dan mendiagnosa penyakit di antariksa.

Kosmonot Rusia Andrei Borisenko dan Sergey Ryzhykov, serta astronot Amerika Robert Shane Kimbrough masih tinggal dalam stasiun antariksa internasional. Ketiganya tiba di stasiun antariksa itu tanggal 22 Oktober.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha