Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puncak FBK, Ratusan Yachter Mancanegara Disambut Gubernur dan Menpar Arif Yahya
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 29-10-2016 | 16:50 WIB
Menpar-sambut-yachter.gif Honda-Batam

Menteri Pariwisata Arif Yahya menyapa dan menyalami wisatawan Yachter di Palabuhan Internasional Tanjungpinang (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Puncak Festival Bahari Kepri (FBK) dalam rangka Sail Selat Karimata (SSK) 2016 yang berlangsung hari ini, Sabtu (29/10/2016), dimeriahkan ratusan yachter mancanegara. Ratusan yachter mancanegara itu disambut Menteri Pariwisata Arif Yahya dan Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun.

Selain Menpar Arif Yahya dan Gubernur Nurdin Basirun, sejumlah unsur pimpinan FKPD dan SKPD lainnya juga turut menyambut para yachter di posko Festival Bahari Kepri di Pelabuhan Internasional Tanjungpinang.

Dalam kesempatan itu, Menpar Arif Yahya dan Nurdin Basirun menyempatkan berbincang-bincang dengan sejumlah wisatawan Australia dan Amerika.

Menteri Pariwisata Arif Yahya berbincang-bincang dengan wisatawan Yacher di Palabuhan Internasional Tanjungpinang (Foto: Charles Sitompul)

Koordinator Indonesia Wonderful Sailing Provinsi Kepri, Sapril Sembiring, mengatakan, hingga saat ini, telah 63 yacher dari berbagai negara yang sudah tiba dan melakukan touring di laut Tanjungpinang. Para yachter bahkan ada yang sudah naik ke darat untuk menikmati keindahan kota.

Sedangkan yachter dari BBT Lagoi dan Nongsa Point Marina, juga sedang melakukan sailing rally, dari Lagoi dan dari Batam ke Tanjungpinang.

"Hingga saat ini sudah ada 63 yachter yang tiba dari Group Indonesia Wonderful Sailing. Sedangkan yang dari BBT dan Nongsa Point Marina, sedang dalam perjalanan menuju Tanjungpinang," ujarnya.

Setiap wisatawan yachter yang tiba dari kapal di Pelabuhan Internasional Tanjungpinang, tambah Sapri, disambut dan diberikan bantuan informasi di Pos Festival Bahari Kepri di Pelabuhan Internasional Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti, selaku Ketua Harian FBK Kepri, mengatakan pelaksanaan puncak FBK dalam rangka Sail Selat Karimata di Provinsi Kepri, akan dibuka oleh Menteri Pariwisata Indonesia, di depan Gedung Daerah serta ITC Gedung Gonggong Laman Bounda Tepi Laut Tanjungpinang.

"Menteri Pariwisata dan Gubernur serta sejumlah tamu pimpinan FKPD lainnya, saat ini sedang melakukan pemantauan dan sosialisasi dengan sejumlah Yacher yang telah tiba di Tanjungpinang," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, puncak acara FBK dalam rangka Sail Selat Karimata, akan dibuka dengan Motor Paralayang, Flay Pass Pesawat Tempur, serta  Terjun payung yang dilakukan sejumlah Penerjun TNI-AL, Sabtu (29/10/2016).

Untuk landing para penerjun, disiapkan sebuah tongkang besar di depan Gedung Daerah. ‎Atraksi terjun payung menjadi acara pembuka, yang diikuti sejumlah pasukan elit TNI-AL serta dilanjutkan dengan atraksi Fly Pass Pesawat Tempur Hawk TNI-AU serta Paramotor TNI-AU dan kegiatan lainnya.

Dengan sejumlah kegiatan Bahari, Budaya dan Seni yang ditaja, diharapkan Festival Bahari Kepri akan menjadi moment pembuka dalam menjadikan Kepri sebagai destinasi wasata maririm dan bahari Nasional dan Internasional.

Selain menarik kunjungan wisatawan mancanegara secara pribadi, momen FBK dalam menjadikan Kepri sebagai ‎Gerbang Wisata Bahari, juga mengundang wisatawan partisipan, dalam sejumlah event yang dilaksanakan dalam Festival Bahari Kepri dan rangkaian kegiatan lainnya.

Editor: Udin