Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waw, MacBook Pro Baru Punya Tombol Touch Bar di Atas Keyboard
Oleh : Redaksi
Jum'at | 28-10-2016 | 14:02 WIB
laptop-layar--sentuh.gif Honda-Batam

Macbook Pro baru (Foto: REUTERS/Beck Diefenbach)

BATAMTODAY.COM, AS - Apple menggelar acara bertajuk “Hello Again” untuk mengumumkan kehadiran MacBook Pro. Lini komputer jinjing teratas perusahaan tersebut yang sudah sangat lama tidak diperbarui.

Ada dua versi yang ditawarkan oleh Apple untuk MacBook Pro ini, yakni yang berukuran 13 inci dan 15 inci. Namun, keduanya sudah didandani desain baru dengan material alumunium.

“Bahan metal juga terdapat di semua sisinya, ini adalah perubahan yang ekstrim,” ujar Vice President Marketing Apple Phill Schiller, seperti dikutip dari The Verge.

Laptop Apple dikenal dengan ketipisannya, maka MacBook Pro 13 inci memiliki ketebalan 14,9 mm bobotnya pun cukup ringan, yakni 1,3 Kg. Sementara MacBook Pro 15 inch memiliki ketebalan 15,5 mm atau 12 persen lebih tipis dari sebelumnya dengan bobot 1,4 kg.

Sementara bagian Force Touch dibuat lebih besar, sehingga pengguna bisa menavigasi "track pad" juga lebih nyaman.

Ini paling menarik. MacBook Pro terbaru kini disematkan fitur yang disebut Touch Bar yang terletak di atas keyboard. Fungsi semacam tombol layar sentuh ini cukup beragam, mulai dari menyematkan emoji, beberapa edit foto dan ke depannya akan semakin beragam dengan dukungan aplikasi pihak ketiga.

Fitur Touch ID yang sebelumnya dipasang melalui iPhone 5s ke atas juga disematkan di MacBook Pro terbaru. Sehingga, sidik jari pengguna bisa dipakai untuk membuka laptop ini.

Puas di sisi desain luar, Apple melengkapi MacBook Pro 13 inch dengan RAM 8 GB. Sedangkan varian 15 inch dibekali RAM 16 GB. Prosesornya sendiri dipersenjatai oleh Intel Core i5 dan i7 generasi keenam.

Untuk ruang penyimpanan internalnya, kedua perangkat ini disematkan Superfast SSD berkapasitas 256 GB.

Terdapat tiga thunderbolt USB-C seperti di New Macbook sebelumnya. Apple mengatakan USB-C ini menggantikan power, Thunderbolt, USB, DisplayPort, HDMI, dan VGA port.

Menyoal harga, MacBook Pro varian 13 inch dilepas seharga USD 1.799 atau sekitar Rp23,5 juta. Sementara versi 15 inch dibanderol USD 2.399 atau sekitar Rp31,3 juta.
 
Sumber: The Verge
Editor: Udin