Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Dia Alasan Kenapa Olahraga Pagi Lebih Oke
Oleh : Dodo/detikHealth
Sabtu | 24-09-2011 | 13:52 WIB

BATAM, batamtoday - Olahraga saat pagi hari tentu banyak tantangannya, seperti harus bangun lebih pagi. Tapi sebaiknya mulailah mencoba olahraga di pagi hari, karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan.

Berolahraga di pagi hari memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan atau jadwal sehari-hari. Serta udara yang didapatkan masih terbilang lebih bersih sehingga baik untuk paru-paru.

Selain itu cahaya matahari yang memasuki retina mata di pagi hari akan merangang jalur saraf ke otak sebagai sinyal awal dari fungsi-fungsi tubuh, dan juga membantu memulai fungsi metabolik seperti memicu melepaskan hormon yang mempengaruhi nafsu makan, tekanan darah dan siklus tidur-bangun.

Berikut ini manfaat-manfaat lain yang bisa didapatkan jika menyempatkan diri untuk berolahraga di pagi hari, seperti dikutip dari Livestrong, Sabtu (24/9/2011) yaitu:

1. Membantu orang lebih konsisten

Umumnya sedikit gangguan yang muncul di pagi hari sehingga kegiatan ini jarang mendapatkan halangan, dibandingkan jika seseorang berolahraga sore hari atau selepas pulang kerja. Selain itu umumnya orang sudah merasa lelah bekerja sehingga kecenderungan untuk absen berolahraga lebih besar.

2. Mendapatkan lebih banyak energi

Olahraga di pagi hari akan meningkatkan suasana hati (mood) dan energi selama berjam-jam setelahnya. Kondisi ini membantu orang lebih siap menghadapi tantangan kerja atau apa pun yang dihadapi di siang hari. Jika berolahraga di malam hari akan membuat suhu tubuh meningkat dan bisa mengganggu waktu tidur.

3. Membakar kalori lebih baik

Setelah berolahraga tubuh akan tetap membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi karena masih melakukan aktivitas fisik lainnya. Saat bekerja, tubuh akan menggunakan energi lebih efisien dan merampingkan massa otot.

4. Lebih sepi saat ke pusat kebugaran

Umumnya orang pergi ke pusat kebugaran saat sore atau malam hari sehingga akan lebih banyak orang yang kadang membuat seseorang harus mengantri untuk menggunakan alat olahraga. Tapi jika di pagi hari, maka tak perlu menunggu jika ingin menggunakan alat dan olahraga yang dilakukan akan lebih efektif.