Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Pelajar Pulau Karas Serbu Kal Pintar Lantamal IV
Oleh : Harjo
Jum'at | 21-10-2016 | 11:35 WIB
Pelajar-Pulau-Karas1.jpg Honda-Batam

Pelajar Pulau Karas Antusias Membaca di Kal Pintar Lantamal IV. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Upaya Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI S.Irawan S.E. untuk mendukung program pemerintah mencerdaskan generasi mudah khususnya yang berada di pulau-pulau terpencil. Mendapat sambutan hangat dari masyarakat Pulau Karas, tatkala Kal Pintar Mandiri-1 milik Lantantamal IV atau yang biasa dikenal dengan perpustakaan laut keliling mengunjungi warga masyarakat Pulau Karas, Kamis (20/10/2016).

Pulau Karas merupakan pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Galang Kota Batam, pagi harinya tampak tidak seperti biasanya saat Kal Pintar Mandiri-1 merapat di dermaga. Secara spontanitas warga pulau tersebut berduyun-duyun menyambut kedatangan rombongan dari Lantamal IV Tanjungpinang.

Sehari sebelumnya tim Lantamal IV memang telah menginformasikan kepada pemerintah setempat, bahwa akan diadakan tiga kegiatan untuk anak sekolah yang ada di Pulau Karas, yakni mendapat kunjungan kapal perpustakaan Laut Keliling, Bhakti Kesehatan Diskes Lantamal IV dan Penyuluhan bela Negara dan keselamatan pelayaran dari Dispotmar Lantamal IV Tanjungpinang.

Lurah Karas Bpk Ute Rambe S.E, saat membicarakan kegiatan yang akan digelar diwilayahnya, gayung bersambut dan mempersilahkan.  Menurtunya, masyarakat Karas menerim dengan senang hati. Karena hal seperti ini belum pernah kami dapatkan apa lagi ada perpustakaan, pengobatan gratis dan penyuluhan keselamatan pelayaran serta bela Negara sangat kami butuhkan disini

"Terima kasih bapak-bapak Angkatan Laut, berkunjung ke Pulau Karas," ujarnya.

Tiga kegiatan yang digelar bersamaan dilaksanakan, di dermaga pelabuhan Pulau Karas, Kal Pintar Mandiri-1 menerima kedatangan rombongan siswa-siswi kelas 1 s/d VI Sekolah Dasar Negeri 019 Galang berjumlah 36 dengan didampingi guru pembimbing Abdul Rahman,S.Pd.

Selanjutnya, Kal Pintar mendapat kunjungan dari Siswa-siswi kelas X s/d XII SMAN 9 Batam berjumlah 102 orang didampingi guru pembimbing Buzar,S.Pd serta siswa/i perwakilan SMP- 13 Batam berjumlah 10 orang. walau pun sedikit mengalami kendala karena situasi ruangan perpustakaan kapal sempit namun Tidak mengurangi semangat para siswa membaca ribuan koleksi buku yang ada diperpustakaan laut keliling Lantamal IV tersebut.

Sementara itu ditempat berbeda Tim Kesehatan Lantamal IV juga terus melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pulau Karas sedangkan Tim Dispotmar melaksanakan penyuluhan bela Negara dan keselamatan pelayaran serta penjelasan batas-batas wilayah NKRI sehingga diharapkan masyarakat pulau karas mengerti.

Danlantamal IV juga sudah menganggendakan Kal Pintar milik Lantamal IV akan mengunjungi pulau pulau lain, namun tentunya harus lihat kondisi cuaca dan gelombang demi keamanan dan keselamatan. Dengan harapan masyarakat kita yang ada dipulau-pulau mempunyai hak pelayanan yang sama dengan yang lain terus diupayakan.

Editor: Yudha