Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPJS Kesehatan Jalin Kemitraan dengan Sektor Swasta di Batam

Peserta BPJS Kesehatan Aktif, Dapat Diskon di Enam Merchant
Oleh : Gokli Nainggolan
Senin | 26-09-2016 | 19:02 WIB
BPJS-Kesehatan.gif Honda-Batam

Khusus untuk pemengang kartu layanan kelas I dan II, akan mendapatkan berbagai diskon di enam merchant yang telah menandatangani kerja sama dengan BPJS Kesehatan Batam. Kerja sama itu merupakan program JKN dalam penguatan kemitraan sektor swasta. (Foto: Gokli Nainggolan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selain menjamin pembiayaan kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Batam juga menawarkan manfaat lain bagi pemegang kartu BPJS Kesehatan, yang aktif membayar iuran per bulannya.

Khusus untuk pemengang kartu layanan kelas I dan II, akan mendapatkan berbagai diskon di enam merchant yang telah menandatangani kerja sama dengan BPJS Kesehatan Batam. Kerja sama itu merupakan program JKN dalam penguatan kemitraan sektor swasta.

Enam merchant yang telah menjalin kerja sama itu komitmen untuk memberikan benefit lebih kepada peserta BPJS Kesehatan di Batam. Komitmen itu telah ditandatangani bersama dengan Kepala BPJS Kesehatan Budi Setiawan, disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Batam Chandra Rizal di Harris Hotel Batam Center, Senin (26/9/2016).

Benefit yang ditawarkan keenam merchant itu, masing-masing potongan harga khusus kamar untuk Harris Hotel Batam Center dan Harris Resort Water Front, Planet Holiday berupa potongan harga khusus, Cafe de Venus berupa potongan harga 20 persen, Blue Horizon berupa potongan harga sebesar 10 persen, De Patross Cafe berupa potongan harga 15 persen khusus makanan, Master Piece berupa potongan harga 15 persen, Klinik Prodia berupa potongan harga pemeriksaan tunggal 8 persen, pemeriksaan panel 10 persen, serta Emdee Skin klinik potongan harga untuk produk 10 persen dan  perawatan 15 persen.

Syarat untuk mendapatkan diskon maupun potongan harga itu, kata Budi Setiawan, peserta wajib menunjukkan kartu BPJS Kesehatan yang aktif dan identitas diri yang berlaku kepada merchant yang sudah bekerja sama. Selanjutnya, pihak merchant akan memvalidasi kartu peserta serta memastikan bahwa kartu tersebut aktif tanpa ada tunggakan.

"Peserta yang aktif tanpa ada tunggakan pasti akan mendapatkan diskon sesuai dengan ketentuan pihak marchant," kata Budi.

Penguatan kemitraan sektor swasta itu, kata Budi, untuk meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan di Batam. Sejauh ini peserta mandiri yang telah bergabung dengan BPJS Kesehatan masih minim, hanya dikisaran 49 persen.

"Sektor swasta dan Badan Usaha yang sudah bergabung dengan BPJS Kesehatan mencapai 97 persen. Di Batam, swasta dan Badan Usaha termasuk taat," katanya.

Editor: Udin