Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Saatnya Pemkab Bintan Sediakan Tempat Pembuangan Sampah di Lobam
Oleh : Harjo
Kamis | 08-09-2016 | 18:02 WIB
Camat.gif Honda-Batam

Emiwati Camat Serikuala Lobam (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah untuk wilayah Kecamatan Serikuala Lobam, yang resmi disediakan oleh pemerintah memang belum ada. Sehingga sudah saatnya ada lahan yang diperuntukkan bagi TPA sampah tersebut.

Sudah bertahun-tahun, namun hanya sebatas wacana dari pemerintah akan mengadakan lokasi tempat pembuangan sampah organik dan non organik dari rumah tangga.

"Sebelum sampah yang dibuang oleh masyarakat semakin banyak dari sejumlah perumahan dan pemukiman masyarakat, tentunya menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk menyiapkan lokasinya," tegas Yoserizal sekretaris Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI) KSBSI Bintan kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Kamis (8/9/2016).

Yoserizal menjelaskan, sejauh ini pola pembuangan sampah yang dikelola oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) masih memanfaatkan lahan tertentu, seperti lahan milik PT Surya Bangun Pertiwi (SBP) Lobam dan lahan masyarakat lainnya.

"Hal tersebut ke depan bukan tidak mungkin akan menimbulkan polemik, baik dengan perusahaan atau pemilik lahan dan masyarakat. Apalagi pola pengelolaan sampah belum secara profesional," tambahnya.

Sampah yang menumpouk di Bintan ini menggunakan lahan warga dan perusahaan, sehingga memicu munculnya gesekan nantinya (Foto: Harjo)

Yoserizal berharap, pemerintah mengambil sikap terkait lokasi pembuangan sampah, baik di wilayah Serikuala Lobam dan Bintan Utara. Agar pengelolaan sampah bisa benar-benar secara profesional, mengingat sebelumnya sudah.ada bantuan berupa mesin untuk pengolahan sampah.

Camat Serikuala Lobam, Emiwati, secara terpisah membenarkan, kalau kecamatan Serikuala Lobam memang belum memiliki lokasi pembuangam sampah yang resmi. Terkait hal tersebut memang sejak lama, pihak kecamatan berupaya mencarikan lahan namun hingga saat ini belum ada.

"Dari kecamatan memang sudah mengupayakan agar ada lahan pembuangan sampah yang resmi. Namun sampai saat ini belum ada, permasalahan ini juga sudah disampaikan kepada Pemkab Bintan," katanya.

Emiwati menjelaskan, sampai sejauh ini, pihak DKPP Seikuala Lobam yang mengelola sampah dari rumah tangga membuang sampah ke sejumlah tempat. Baik di lahan milik warga dan tempat lainnya.

Editor: Udin