Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waduh, Artikel Rasis Tentang London Terbit di Majalah Air China
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-09-2016 | 16:11 WIB
air_chinabybbc.jpg Honda-Batam

Air China terbang dua kali sehari dari Beijing ke Heatrow, London. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM, London - Maskapai penerbangan Air China memperingatkan para penumpangnya agar "berhati-hati" jika berkunjung ke kawasan tertentu di London.

 

Alasannya -seperti tertulis dalam majalah penerbangan maskapai itu, Wings of China- mayoritas penduduknya "India, Pakistan, dan warga kulit hitam".

Peringatan tersebut masuk dalam sebuah tulisan tentang kunjungan ke London, yang juga menyarankan turis tidak keluar sendiri pada malam hari.

Seorang anggota parlemen di London, Virendra Sharma, sudah menulis surat ke Duta Besar Cina di Inggris Raya untuk minta maaf.

"Saya kaget dan takut bahwa bahkan sampai hari ini beberapa orang menganggap bisa diterima jika menulis pernyataan yang secara terang-terangan tidak benar dan rasis," kata Sharma.

Tulisan di majalah Wings of China menyebut, "London secara umum adalah tempat yang aman untuk bepergian, namun perlu berhati-hati jika memasuki kawasan yang penduduknya umumnya India, Pakistan, dan kulit hitam."

Air China -yang terbang dua kali sehari dari Beijing ke Heathrow, London- belum memberikan komentar atas tulisan bersangkutan.

Jumlah warga Cina yang melakukan perjalanan ke Inggris tahun lalu meningkat sampai 46% dibanding tahun sebelumnya menjadi 270.000 orang, menurut badan pariwisata Inggris, VisitBritain.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani