Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyerahan DIPA 2011

Kementerian PU dapat Pagu Terbesar
Oleh : Tunggul Naibaho
Selasa | 28-12-2010 | 12:16 WIB

Jakarta, batamtoday - Presiden Susilo Bambang Tudhoyono menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2011 di Istana Negara, Selasa (28/12) kepada para menteri, pimpinan lembaga dan gubernur seIndonesia. Seperti dilaporkan Antara, Kementerian PU mendapat pagu terbesar.

Secara berurutan, setelah Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Pertahanan adalah dua lembaga lainya yang mendapat pagu terbesar dalam anggaran tahun ini.

Dalam siaran persnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, penyerahan DIPA di akhir tahun dimaksudkan agar sejak hari pertama 2011, seluruh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) siap melayani pencairan dana untuk semua satuan kerja. Penyerahan ini juga sebagai simbol bahwa pemerintah menjamin ketersediaan dana bagi kegiatan kementerian/lembaga tingkat pusat dan daerah pada 2011.

Sementara itu, Tema Rencana Kerja Pemerintah adalah, "Percepatan Pertumbuhan Ekonomi yang Berkeadilan Didukung Pemantapan Tata Kelola dan Sinergi Pusat Daerah".

Sedangkan Prioritas Nasional 2011 adalah: Reformasi birokrasi dan tata kelola, Peningkatan kualitas pendidikan, Peningkatan pelaksana upaya kesehatan dan persentase ketersediaan obat., Penanggulangan kemiskinan, Peningkatan ketahanan pangan.

Kemudian, Peningkatan infrastruktur dan peningkatan keselamatan, keamanan, dan kualitas pelayanan infrastruktur serta peningkatan keselamatan, keamanan dan kualitas pelayanan transportasi yang memadai, Pertumbuhan iklim investasi dan usaha, Peningkatam rasio elektrifikasi dan pemanfaatan energi panas bumi, Penyelenggaraan rehabilitasi dan reklamasi hutan dan terjaganya kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Lalu, Pengembangan kebijakan, koordinasi, dan fasilitas daerah tertinggal di kawasan perbatasan, dan terkahir Peningkatan perhatian dan kesertaan pemerintah dalam program seni budaya.