Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKK Bintan Sosialisasi Gerakan Pekerja Perempuan Sehat dan Produktif di KIB Lobam
Oleh : Harjo
Kamis | 01-09-2016 | 17:50 WIB
Sosialisasi-kesehatan.gif Honda-Batam

PKK Bintan sosialisasikan gerakan pekerja perempuan sehat dan produktif di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bintan, menggelar sosialisasi gerakan pekerja perempuan sehat dan produktif di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, di ruang pertemuan wisma PT Bintan Inti Induatrial Estate (BIIE), Kamis (1/9/2016).

Ekandra, Kabid Kesehatan Keluarga Dinkes Bintan menyampaikan, pekerja perempuan dalam keseharian, dari satu sisi sebagai pekerja dan sisi lain merupakan Ibu Rumah Tangga, serta untuk kesehatan dirinya dan keluarganya.

"Sekitar 8 jam di dunia perkerjaan dan 16 jam di luar jam kerja. Hal tersebut berkaitan terhadap kesehatan dan penyakit. Sehingga program yang ada di Dinas kesehatan, harus bisa dimanfaatkan. Terutama  fasiltas kesehatan yang sudah disiapkan oleh pemerintah," harap Ekandra.

Dijelaskan, Puskemas yang ada adalah ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan, terutama untuk pekerja lobam, tentunya Puskesmas terdekat ada di Kecamatan Serikuala Lobam dan Bintan Utara.

Sementara itu, Euis Herawati, perwakilan tim PKK Bintan dalam kesempatan tersebut menyampaikan, secara nasional ada 40 juta pekerja perempuan usia produktif berdasarkan data tahun 2012, sehingga perlindungan kesehatan terhadap perempuan sangat perlu ditingkatkan.

"Semua harus mampu meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan, agar menciptakan wanita yang hebat yang berkarir dilingkungan kerja," katanya.

Sedangkan Jamin Hidajat, Senior Laison Meneger PT BIIE Lobam menyampaikan, dari 6000 karyawan yang ada di KIB Lobam, sebanyak 70 persen pekerjanya adalah wanita. Sehingga dengan adanya program yang dososialisasikan oleh PKK Bintan, pihak kawasan sangat mendukung, apalagi sosialisasi ini pertama kali dilaksanakan, khususnya bagi wanita.

"Peran serta wanita sangat penting untuk kesinambungan di segala bidang. Sehingga wanita harus memperhatikan kesehatan karena wanita menjadi kunci bagi generasi penerus bangsa ke depan," katanya.

Jamin berharap, dengan adanya sosialisasi ini, jangan sampai terhenti. Namun harus terus ditingkatkan bagi perempuan. Mulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat, serta dengan harapan bisa menyebarkan program yang disosialisasikan sesuai dengan tujuannya, agar semua wanita Indonesia sehat dan produktif.

Dalam sosialisasi tersebut, diikuti oleh puluhan perwakilan karyawati dari sejumlah perusahaan yang ada di KIB Lobam, dengan pengisi materi dari Dinas Kesehatan dan penggerak PKK Bintan.

Editor: Udin